Laman

ON THE WAY TO BALI ( ACEH - BALI )


Penulis rasa tak perlu bercerita panjang lebar tentang keindahan lokasi wisata yang satu ini, karena mungkin sebagian besar pembaca sudah lebih tau atau malah sudah menjadi destinasi favorit yang sering dikunjungi, yang pasti bali merupakan aset andalan negara kita untuk menggaet wisatawan asing yang popularitasnya mungkin mengalahkan keberadaan negara ini sendiri. Tak ada habisnya kalau kita bercerita tentang lokasi wisata yang ada di pulau tersebut, Jadi yaa lebih baik penulis langsung saja ke pokok bahasan.

PROSES PERJALANAN

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jauh-jauh hari sudah memesan tiket pesawat, kalau anda punya waktu yang cukup longgar untuk bepergian, sebaiknya pilih tanggal keberangkatan dengan tiket promo yang paling murah karena akan cukup banyak menghemat biaya perjalanan.

Memulai perjanan dari Kota Lhokseumawe - Aceh, menuju Bandara Kualanamu - Medan, untuk selanjutnya terbang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, dengan sekali transit yaitu di Bandara Husein Sastranegara - Bandung. Anda juga bisa memulai perjalanan dari Bandara Sultan Iskandar Muda - Banda Aceh. Lokasi transit biasanya di Bandung atau Jakarta tergantung jenis penerbangan yang anda pilih. Untuk detail perjalanan bisa dilihat sebagai berikut.


RINCIAN BIAYA PERJALANAN

Penulis berangkat menggunakan Bus Pelangi dari Kota Lhokseumawe - Kota Medan, lama perjalanan sekitar 6 jam, dengan biaya : Rp. 100.000,-

Sampai di pool pelangi di jalan sunggal medan selanjutnya menuju ke pool mini bus ALS, Untuk menuju Bandara Kualanamu menggunakan minibus ALS ini biayanya Rp. 20.000,- perorang, lama perjalanan lebih kurang 2 jam. (Mini bus ALS ini adalah salah satu angkutan khusus yang menuju langsung ke Bandara Kualanamu. Lokasinya tidak jauh dari pool pelangi, anda bisa berjalan kaki kalau barang bawaan tidak banyak).

Selanjutnya karena sudah memesan tiket jauh-jauh hari, dari Bandara Kualanamu - Medan menuju ke Bandara Ngurah Rai - Bali, penulis dapat harga tiket Rp. 1.200.000,- lama perjalanan sekitar 5 jam dengan lokasi transit di Bandara Husein Sastranegara - Bandung.

Sampai di Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali anda tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya transport lagi karena Bandara tersebut lokasinya masih di daerah perkotaan dan sangat dekat dengan dengan salah satu lokasi andalan wisata pulau tersebut yaitu pantai Kuta.

Rincian biaya transportasi adalah ;

Lhokseumawe - Medan : Rp. 100.000,-
Kota Medan - Bandara Kualanamu : Rp. 20.000,-
Bandara Kualanamu Medan - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali : Rp. 1.200.000,- *

*) Harga diatas pada bulan Oktober 2018

Saat kembali dari Bali ke Medan, penulis malah dapat tiket Rp. 1.600.000,- seperti yang penulis terangkan sebelumnya untuk tiket pesawat harga sangat variatif tergantung promo.

Mungkin saat anda membaca tulisan ini harga bisa jadi bertambah naik lagi atau malah turun tergantung kurs atau promo dari penerbangan.

10 LOKASI WISATA YANG HARUS ANDA KUNJUNGI SAAT DI PULAU BALI

Sepuluh sebenarnya angka yang terlalu kecil sangat kecil untuk ukuran lokasi wisata populer di pulau bali, tetapi kembali lagi tergantung waktu dan dana yang anda plot saat memutuskan untuk berlibur ke bali. Penulis sendiri sebenarnya rada lupa berapa lokasi yang telah dikunjungi namun untuk memudahkan pembahasan makanya cukup sepuluh saja yang dibahas disini. Setau penulis sebenarnya tak ada daftar resmi untuk lokasi wisata terpopuler di Bali, setiap orang pasti punya tempat dan pengalaman yang berbeda saat berkunjung kesini, termasuk penulis yang juga punya daftar sendiri. Hal ini wajar karena seperti yang sudah dijelaskan di atas hampir semua tempat di bali populer sedang populer atau akan segera populer. Berikut 10 lokasi wisata populer yang ada di Bali :

1. PANTAI CANGGU 


Kawasan pantai paling hipster di pulau bali, pantai ini masuk urutan ke 39 dalam daftar 100 pantai terbaik di dunia versi CNN tahun 2013. Berada di kawasan ini salah-salah anda yang akan merasa turis karena bisa jadi hanya anda yang 'lain' sendiri karena akan diberada di sekumpulan wisatawan asing. Kawasan ini terletak di desa canggu Kabupaten Badung. Berjarak sekitar 22 Km dari Bandara Ngurah Rai, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menuju ke lokasi pantai.



Ombak di pantai canggu sangat ideal untuk berselancar oleh karenanya turis asing sangat nyaman disini jalanan dikawasan ini selalu ramai oleh para turis yang lalu lalang sambil membawa papan selancar. di pantai canggu anda bisa menikmati pantai dan hamparan sawah sekaligus. Selain pantai dikawasan ini juga banyak fasilitas tempat makan, tempat olahraga dan juga tempat berkuda.

2. PANTAI PADANG - PADANG


Pantai ini juga punya panorama yang sangat indah karena banyak terdapat tebing karang di sepanjang sisi pantainya. Khususnya saat weekend pantai ini dipenuhi oleh wisatawan asing dari berbagai negara. Bagi pecinta olahraga panjat tebing kawasan ini juga menjadi salah satu tempat favorit para pemanjat, kalau ingin memanjat disini penulis sarankan datang saat weekday karena relatif sepi jadi anda lebih leluasa saat memanjat. Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Labuhan Said. Berjarak sekitar 20 Km dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu tempuh sekitar 50 menit perjalanan.




Keindahan pantai ini sudah mendunia, pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Hollywood berjudul "Eat PrayLove" yang diperankan oleh Julia Roberts yang tayang tahun 2010 silam. Grup musik Michael Learns To Rock juga pernah syuting video clip berjudul "Someday" pada tahun 1996 di pantai ini. Bagi penggemar olahraga surfing juga ramai disini namun anda harus berenang dulu sejauh 300 meter ke tengah laut.

3. TEBING ULUWATU


Dikawasan ini terdapat sebuah pura yang sangat populer di bali yaitu pura uluwatu, yang di bangun sekitar tahung 1800-an, pura ini punya keunikan tersendiri karena berada di atas tebing dengan ketinggian 97 meter. Berlokasi di Desa Petacu Kecamatan Kuta Kabupaten Badung.




Bagi para pemanjat tebing, kawasan tebing uluwatu ini tidak boleh di lewatkan karena tebing di lokasi ini termasuk yang paling menantang yang ada di pulau bali. Bagi anda yang hanya ingin bersantai lokasi ini juga menawarkan view yang tidak kalah indah dengan lokasi lainnya, sisi tebing kawasan ini langsung menghadap matahari terbenan (sunset) samudra hindia. Untuk menuju ke lokasi ini juga tidak begitu jauh, anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari bandara untuk sampai ke kawasan ini.

4. PANTAI PANDAWA


Pantai yang berada di balik bukit ini sangat menarik dan sering disebut juga dengan pantai rahasia (secret beach). Berada di kawasan Kuta Selatan Badung, pantai ini punya fasilitas yang terbilang lengkap, bukan hanya berenang atau menikmati sunset, di lokasi wisata yang satu ini anda juga mencoba hal-hal menarik lainnya seperti berselancar, kano dan paragliding. Pantai ini juga sering dijadikan lokasi shooting sinetron atau FTV. Karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai kawasan ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut.


Tidak begitu jauh dari lokasi pantai ini terdapat spot yang juga cukup menarik yaitu sebuah pesawat boing 737 yang terparkir cantik yang di kelilingi oleh tebing curam. Saat berkunjung kesini anda akan berada di atas tebing jadi cukup leluasa untuk mendapat gambar lanscape dari pesawat tersebut. Rencana bangkai pesawan ini akan di jadikan restoran oleh pengelolanya yang merupakan warga negara asing.


5. NUSA DUA 


Kawasan wisata pantai paling elit menurut penulis, disini anda akan di manjakan bukan hanya dengan panorama alamnya tetapi segala fasilitas yang ada dikawasan ini sangat mewah, mulai dari taman, hotel mewah, tempat belanja berkelas dan arena hiburan yang lengkap, pantai ini memiliki pasir putih terbersih dan ombak yang relatif tenang. Raja salman pernah menginap disini saat berkunjung ke bali beberapa waktu yang lalu.



Dalam satu kawasan Nusa Dua terdapat beberapa pantai yang sangat menarik untuk di kunjungi seperti pantai samuh, pantai mengiat, pantai geger dan pantai sawangan. Selain itu disini juga terdapat spot water blow, replika kapal bajak laut, surf and turf surf rider, flyingboarding, ultimate seawalker experience, juga tidak ketinggalan pertunjukan pagelaran budaya dan masih banyak lagi. 

6. PANTAI KUTA


Belum ke bali kalau belum ke pantai kuta, begitulah kira-kira popularitas pantai ini di mata wisatawan lokal ataupun asing, kenyataan tersebut tidaklah berlebihan mengingat objek wisata yang satu ini memang sudah menjadi ikon pulau bali sejak lama. Salah satu sebab yang membuat pantai ini begitu terkenal adalah pantai ini sudah dilengkapi hampir semua fasilitas umum, seperti hotel, restauran, klinik, bank, shoping mall, toko oleh-oleh, pusat informasi, spa, diskotik, taman rekreasi tersedia lengkap disini.



Kelebihan lain yang buat pantai ini sangat terkenal adalah karena jaraknya yang cukup dekat dengan bandara maupun kota denpasar. Dari bandara, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 10 menit keadaan normal. Pantai ini terletak di Kecamatan Kuta, selatan Kota Denpasar, pantai ini juga di kenal dengan nama pantai matahari terbenam (sunset beach) berlawan dengan pantai sanur.


Salah satu moment spesial bagi penulis saat berkunjung ke pulau seribu pura tersebut adalah dapat menikmati perayaan malam pergantian tahun 2018 ke 2019 yang oleh pemerintah daerah di pusatkan di pantai kuta. Pemerintah Kabupaten Badung sendiri memplot dana untuk perayaan malam itu sekitar 900 juta, Sebuah perayaan pergantian tahun yang mungkin termegah saat itu dibanding daerah manapun di Indonesia. 

7. UBUD


Bali tak hanya melulu soal pantai, Ubud salah satunya adalah sebuah kawasan wisata di bali yang sangat terkenal dengan sawah bertingkatnya. Kawasan ini menawarkan kesejukan udaranya yang masih sangat segar, selain itu Ubud ini juga identik dengan seni dan budayanya, Kawasan ini banyak memiliki seniman berbakan bahkan bisa dikatakan pusat seni dan budaya di bali juga salah satu kawasan terunik di bali yang bertaraf internasional karena pemandangan dan fasilitasnya sudah sangat lengkap. 



Ubud adalah sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Gianyar, dari Bandara Ngurah Rai menuju Central Ubud bali berjarak sekitar 40 Km dan bisa di tempuh lebih kurang satu setengah jam perjalanan. Ubud tidak memiliki pantai akan tetapi kawasan ini terdiri dari area sawah dan hutan, aliran sungai, air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri di kawasan ini, lokasi yang paling tepat bagi anda yang ingin berbulan madu. 

8. GARUDA WISNU KENCANA (GWK)


Garuda Wisnu Kencana atau biasa orang-orang menyebutnya GWK adalah ikon baru di Bali yang di luncurkan secara resni oleh seniman I Nyoman Nuarta pada awal Agustus 2018, dalam proses pembuatannya patung ini tak ada melibatkan pihak asing artinya 100 persen karya anak bangsa. Berlokasi di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Selatan. Patung ini memiliki ketinggian 121 meter dan itu artinya patung ini lebih tinggi dari patung liberty yang ada di Amerika Serikat yang ketinggiannya 93 meter, dan menjadi patung tertinggi ke-3 di dunia setelah patung The Spring Temple Budha di China dan The Laykyun Sekkya Budha di Myanmar. Amajing mamen.



Pembangunan patung ini menghabiskan dana sekitar 1,3 Trilliun kebanyakan dana tersebut di habiskan untuk mengumpulkan seluruh material penting, Setiap harinya di area taman GWK ini selalu ada pertunjukan atau pagelaran seni dan budaya. Lokasi ini sering juga menjadi lokasi photo prewedding karena punya spot-spot yang sangat indah dan megah.

9. PURA LUHUR TANAH LOT


Pura yang berada di atas tebing mirip dengan pura tebing uluwatu, pura tanah lot ini bagi masyarakat bali adalah pura tempat pemujaan dewa - dewa penjaga laut. Kawasan pura tanah lot ini sangat indah dan salah satu spot terbaik untuk meminmati matahari tenggelam. Pura yang sering muncul sebagai foto di kelender ini berlokasi di Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Berjarak sekitar 13 Km sebelah selatan Kota Tabanan. Ada sekitar delapan pura lainnya disekitar pura tanah lot ini yang masing - masing punya fungsi dan tujannya sendiri.



Dari Bandara Ngurah Rai menuju ke pura tanah lot memiliki jarak tempuh 25 Km, dengan waktu tempuh lebih kurang satu setengah jam. Jika anda ingin kemari waktu terbaiknya adalah pada sore hari, karena anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus matahari terbenam. Pada saat air laut pasang pura akan tampak mengambang di tengah laut.

10. PURA ULUN DANU BERATAN


Pura yang sangat terkenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga sampai manca negara, Pura Ulun Danu Beratan adalah pura yang terletak di tepi danau, tepatnya berada di kawasan wisata Bedegul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kalau anda dari Bandara Ngurah Rai anda harus menempuh jarak sekitar 70 Km atau sekitar 2,5 jam perjalanan untuk sampai di lokasi pura tersebut.



Di komplek pura Ulun Danu Beratan ini terdiri dari 5 Pura dan 1 Stupa Budha, Suasana di kawasan ini masih sangat sejuk karena memang berada di daerah pegunungan yang hampir selalu tertutup kabut. Sangat nyaman berada disini, selain itu disekitar lokasi pura yang menjadi ikon di uang 50.000,- ini juga sudah tersedia fasilitas seperti hotel, villa, restauran juga deretan toko - toko sovenir. Tidak jauh dari lokasi Pura Ulun Danu tersebut ada sebuah Resort yang juga cukup terkenal yaitu Handa Golf & Resort, hanya membutuhkan waktu sekitar 6-8 menit dari Pura Ulun danu melewati jalan raya Bedugul. Salah satu yang paling ikonik dari Resort tersebut adalah gerbangnya (Handara Gate).

Handara Gate Golf & Resort, Bali

Demikianlah sepuluh lokasi wisata populer yang ada di Bali yang wajib anda kunjungi saat berkunjung kesini, dan sebenarnya masih banyak sekali lokasi - lokasi populer lainnya yang tak mungkin anda kunjungi semua apalagi kalau waktu anda terbatas. Salah satu solusinya adalah membuat daftar beberapa spot - spot lokasi yang wajib anda kunjungi selama disini mungkin akan membuat anda cukup puas.

Keunikan Pulau Bali bukan hanya tentang keindahan alamnya saja, tetapi juga tentang seni dan budayanya juga sangat menarik. Kalau anda ke Bali cobalah untuk mengunjungi juga pusat - pusat seni dan kerajinan yang ada disini. Beberapa desa di Bali juga sangat unik dan nyaman untuk disinggahi cobalah berinteraksi dengan  masyarakatnya, percayalan hal ini akan membuat anda jauh lebih mengenal Bali.

Bareng Bajang Bali dengan Kebaya Khasnya.



Pelayanan di salah satu Restauran di Bali

Salah satu sudut desa di Bali

Salah satu Topeng Khas Bali

Suasana didepan salah satu hotel di Seminyak, Bali

Saat lidah timur dan makanan barat bersatu

Para Pemburu Sunset

Music, Beach and Sunset - Complete Rilex's

Nikmati aja apa yang disediakan

Legian Street, Bali

Ngopi , Hiya.. hiyaa..

Agar perjalanan lan-Car

Ngopi lagi, di Stadion "Bali United" Stadion kebanggaan masyarakat Bali

Bareng CEO Bali United

Vihara di wilayah Pelabuhan Benoa

Bareng Anto, div. panjat tebing Eiger Sunset Road Bali.
(salah satu Eiger Store terbesar di Indonesia)


Universitas Udayana Bali

"Bonus"
Buat kamu.. iya kamuu..



PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel ON THE WAY TO BALI ( ACEH - BALI ) ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.