Laman

SEVEN SUMMIT SUMATERA - 7 PUNCAK TERTINGGI DI SUMATERA


Berikut ini adalah (tujuh) 7 gunung yang terletak di pulau sumatera atau seven summitnya sumatera diantaranya adalah :

1. GUNUNG KERINCI

Letak : Propinsi Jambi
Ketinggian : 3.805 mdpl
Koordinat Lokasi : 1° 41′ 48″ LS, 101° 15′ 56″ BT

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan gunung merapi tertinggi di Indonesia. Masuk dalam Wilayah Taman Nasional Gunung Kerinci – Seblat yang merupakan habitat hidup harimau dan badak sumatera yang hampir punah.

2. GUNUNG LEUSER

Letak : Propinsi Aceh tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser
Ketinggian : 3.119 mdpl
Koordinat Lokasi : 3° 47′ 51″ LU, 97° 13′ 9″ BT

Gunung Leuser memiliki 3 jejeran puncak tertinggi diantaranya puncak leuser (3.119 mdpl), puncak loser (3.405 mdpl) dan puncak tanpa nama (3.445 mdpl). Untuk bisa kepuncak gunung tertinggi di Propinsi Aceh ini bisa memakan waktu selama 14 hari. Taman Nasional Gunung Leuser dinobatkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.

3. GUNUNG DEMPO

Letak : Propinsi Sumatera Selatan
Ketinggian : 3.159 mdpl
Koordinat Lokasi : 4° 0′ 57″ LS, 103° 7′ 42″ BT

Gunung dempo merupakan gunung merapi tipe kerucut (stratovolcano) yang masih aktif gunung ini merupakan gunung tertinggi di sumatera selatan kota terakhir menuju gunung ini dalah Kota Pagaralam.

4. GUNUNG BANDAHARA

Letak : Propinsi Aceh
Ketinggian : 3.030 mdpl
Koordinat Lokasi : -

Gunung bandahara bukan tipe gunung merapi, gunung tertinggi kedua di Propinsi Aceh dan ke empat di Sumatera, letak gunung ini tepatnya 50 km disebelah tenggara timur Kota Blang Kejeren ibukota Gayo Lues – Aceh.

5. GUNUNG TALAMAU

Letak : Propinsi Sumatera Barat
Ketinggian : 2.982 mdpl
Koordinat Lokasi : 0° 4′ 45″ LU, 99° 59′ 0″ BT

Gunung ini merupakan gunung merapi tidak aktif dan gunung tertinggi di Sumatera Barat, disebut juga gunung ophir, yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar. Gunung ini setidaknya memiliki 13 telaga dengan hutan yang bisa dibilang masih perawan.

6. GUNUNG MERAPI

Letak : Propinsi Sumatera Barat
Ketinggian : 2.891 mdpl
Koordinat Lokasi : 0° 22′ 47″ LS 100° 28′ 16″ BT

Gunung kedua tertinggi di Propinsi Sumatera Barat letaknya di Kabupaten Agam tetangganya gunung singgalang, Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia dan gunung favorit para pendaki lokal. 

7. GUNUNG GEUREUDONG

Letak : Propinsi Aceh
Ketinggian : 2.885 mdpl
Koordinat Lokasi : -

Gunung yang terletak di Kabupaten Bener Meriah – Aceh ini merupakan gunung merapi. Informasi jalur tentang gunung ini masih sangat sedikit karena memang sangat jarang didaki, kalah populer dengan gunung burnitelong yang berada disebelahnya, karena posisi yang bersebelahan itu juga banyak orang yang salah sebut dengan kedua gunung ini.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel SEVEN SUMMIT SUMATERA - 7 PUNCAK TERTINGGI DI SUMATERA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

2 komentar:

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.