Laman

PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT KELABANG ATAU LIMPAN


Secara umum digigit kelabang atau limpan tidaklah seberbahaya digigit kalajengking ataupun ular tetapi tetap saja ia mengandung sejumlah racun yang berbahaya pada tubuh. Racun pada limpan berasal dari taring disisi depannya yang berbentuk jarum. Walaupun gigitan limpan tidak menyebabkan “kematian mendadak” namun rasa nyeri yang ditimbulkan oleh gigitannya bisa sangat parah dan sulit untuk dihilangkan hingga beberapa hari tentu ini sangat menyiksa.

Pada bagian yang digigit limpan biasanya akan bengkak dan berwarna gelap juga menimbulkan rasa gatal. Rasa sakit ringan “ringan versi limpan” biasa akan hilang dalam dua hari tetapi untuk limpan yang terlalu besar akan memakan waktu lebih lama. Selain rasa nyeri yang teramat sangat gigitan limpan juga bisa menimbulkan gejala lain seperti sakit kepala, nyeri saat bernafas, denyut jantung lebih cepat, mual muntah dan tubuh lemah, jika kondisi ini terjadi maka perawatan medis perlu segera dilakukan untuk mencegah reaksi yang lebih parah.

PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT KELABANG  ATAU LIMPAN

1. Melenyapkan si limpan.
2. Cuci menggunakan air yang mengalir beberapa menit dibagian yang digigit dan jangan menggunakan alkohol atau sejenisnya.
3. Setelah itu kompres dengan es atau jika tidak ada bisa menggunakan air dingin dibagian yang digigit dengan kasa atau kain selama 10 menit dan lakukan secara berulang selama diperlukan. Kompres dingin berfungsi untuk mencegah infeksi dan mengatasi kematian jaringan disekitar gigitan meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. Rasa nyeri juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi obat anti nyeri.
4. Jangan membungkus atau menutup luka bekas gigitan biarkan tetap terkena udara.
5. Perbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk mencegah gejala keracunan serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk mempertahankan system kekebalan tubuh.
6. Gejala biasanya akan bertahan sampai dua hari dan akan berangsur memulih setelahnya.

Namun jika dalam waktu dua hari gejala tidak kunjung membaik malah menimbulkan reaksi elergi atau pembengkakan semakin meluas serta timbul tanda kematian jaringan ditandai dengan adanya nanah, Segera bawa korban ke dirumah sakit.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT KELABANG ATAU LIMPAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.