Laman

JENIS - JENIS BATUAN TEBING DALAM PANJAT TEBING


Ada banyak jenis batuan pembentuk tebing tapi tidak semua bisa dipakai untuk memanjat karena berbagai alasan salah satunya karena belum keras dan tentu sangat berbahaya. Oleh karena itu sangat penting memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis tebing sebelum memanjat. Salah satu ciri tebing yang layak dipanjat adalah tebing yang cukup keras, tebing yang keras biasanya padat dan suaranya nyaring saat dipukul, semakin nyaring suaranya maka semakin padat dan keras tebing tersebut. Banyak sekali jenis batuan pembentuk tebing seperti batuan kapur, andesit, malihan, granit, breksi, konglomerat dan sebagainya, pada artikel kali ini penulis hanya membahas 3 jenis batuan pembentuk tebing, antara lain :

BATU LIMESTONE

Batu Limestone di Indonesia lebih sering disebut batu kapur atau batu gamping banyak terdapat di kawasan karst, ini adalah jenis batuan endapan atau batuan sedimen, terdiri dari butiran-butiran kapur yang halus berwarna putih sedikit keabu-abuan. Batuan ini biasa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan semen. Batuan ini berasal dari endapan hasil pelapukan tulang dan cangkang hewan-hewan.

BATU ANDESIT

Ciri-ciri batu andesit memiliki warna keabu-abuan dan butiran-butirannya kecil seperti batu basal, batu andeseit ini termasuk dalam batuan beku disebut juga batuan magma/vulkanik, batuan ini yang biasa dipakai untuk pembuatan patung atau bangunan candi. Berasal dari magma yang membeku dengan sangat cepat dikerak bumi.

BATU MALIHAN/METAMORF

Batu malihan atau metamorf, metamorf disini berarti perubahan yaitu batuan yang sebenarnya berasal dari batuan sedimen tetapi mengalami perubahan karena mendapat panas terus menerus dan tekanan dari dalam bumi, itulah yang mengubah batuan sedimen menjadi batuan malihan. Batu dari jenis marmer adalah salah satu contoh batuan metamorf.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel JENIS - JENIS BATUAN TEBING DALAM PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

1 komentar:

  1. Batuan metamorf tidak hanya dari ubahan batuan sedimen saja, melainkan juga bisa dari semua batuan, baik itu batuan beku, sedimen dan metamorf itu sendiri

    BalasHapus

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.