Laman

TEKNIK BELAY DALAM PANJAT TEBING


DIFINISI DAN FUNGSI BELAY

Belay adalah sebuah proses dalam kegiatan panjat tebing yang dilakukan oleh seseorang untuk mengamankan (back up) si pemanjat ketika terjatuh selama proses pemanjatan, orang yang membelay disebut belayer. Belayer bisa dikatakan adalah patner dari pemanjat, karena perannya yang sangat krusial selama proses pemanjatan makanya dibutuhkan teknik khusus dan adanya rasa saling percaya antara pemanjat dan belayernya.

HANGING BELAY

Dalam kegiatan panjat tebing peran belayer tidak selalu harus berada di bawah, untuk jenis pemanjatan tertentu seorang pemanjat bisa saling bertukar peran menjadi belayer, misalnya setelah posisi pemanjat berada diatas tebing (top) ataupun saat pemanjat masih berada di pertengahan jalur pemanjatan lalu membuat di station belay (pitch) dan membelay pemanjat kedua. Posisi membelay dari atas inilah yang disebut dengan Hanging Belay biasa dilakukan pada pemanjatan multi pitch climbing atau trad climbing.

PERALATAN BELAY (BELAY DEVICE)

Fungsi dari Belay Device adalah untuk menghentikan gerak laju tali, alat ini terpasang pada belayer. Saat ini ada beberapa jenis alat belay yang beredar dipasaran, penulis akan membahas tiga belay device yang paling banyak digunakan antara lain :


FIGURE OF EIGHT

Sesuai dengan namanya alat ini bentuknya seperti angka delapan dan sangat populer dikalangan pemanjat sebagai alat belay, bisa dikatakan alat belay sejuta umat. Terbuat dari bahan yang sama dengan carabiner, paling banyak digunakan mungkin karena harganya yang terjangkau dan instalasinya yang sangat mudah dan cepat. 


ATC

Ada juga alat belay produksi Black Diamond seperti ATC yang tidak kalah populer untuk saat ini. Kelebihan alat ini adalah selain instalasinya mudah bentuknya juga lebih sederhana, bobotnya ringan oleh karena itu sering dipakai pada pemanjatan multi pitch.


GRIGRI

Satu lagi yang juga sangat diminati sebagai alat belay yaitu Grigri produksi Petzl, Grigri bekerja otomatis, alat ini akan menggunci otomatis saat dibebani jadi bisa membelay dengan sendirinya. Dari semua alat belay, grigri memiliki tingkat keamanan paling tinggi, kelemahannya adalah dia hanya bekerja sesuai dengan ukuran tali yang telah ditentukan dan tidak efektif untuk tali basah atau beku.

PROSEDUR DALAM MEMBELAY

Sebelum melakukan pemanjatan, koordinasi antara pemanjat dan belayernya merupakan hal yang sangat penting agar pemanjatan berjalan lancar, setelah semua peralatan diperiksa dan dianggap fix untuk digunakan maka prosedur selanjutnya yang harus dilakukan adalah :

1. Sipemanjat memasang tali utama ke harness menggunakan simpul depalan.

2. Belayer memasang alat belay ke harness lalu menghubungkan tali dari pemanjat ke alat belay tersebut.

3. Selanjutnya belayer melakukan pemeriksaan (cross chek) pada pemanjat, meliputi posisi harness pada pinggang, periksa semua pengait harness sudah terkunci dengan benar, periksa juga simpul dan penggunaan helm. Sebaliknya si pemanjat juga melakukan hal yang sama terhadap belayernya terutama memeriksa carabiner apakah sudah terkunci dengan baik.

4. Pemanjatan dimulai apabila sudah tercapai kesepakatan.

5. Belayer selalu menggunakan teknik five step for belay.

FIVE STEP FOR BELAY

Kalau dalam memanjat di kenal dengan istilah 3 point contact maka dalam membelay di kenal istilah 5 step for belay, ini adalah prosedur langkah yang benar saat membelai, seperti yang terlihat pada gambar :


MENGGUNCI SISTEM BELAY

Pada kondisi tertentu baik pada saat membelay ataupun saat rappelling menggunakan figure of 8 anda harus menggunci system belay tersebut, gambar dibawah ini adalah salah satu caranya : 


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TEKNIK BELAY DALAM PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.