Laman

6 JENIS SIMPUL DELAPAN (FIGURE EIGHT KNOT) DAN FUNGSINYA


Bagi seorang pemanjat, simpul delapan (Figure Eight Knot) adalah simpul wajib yang harus diketahui karena selalu di aplikasikan hampir setiap kegiatan dalam panjat tebing. Bahkan boleh dibilang bukan pemanjat kalau tidak tahu simpul ini. Walaupun simpul delapan yang paling sering dipakai hanya 1 atau 2 jenis saja tetapi setidaknya ada 6 jenis simpul delapan (itu yang penulis ketahui) mungkin ada beberapa lagi yang penulis belum tahu. Berikut akan penulis bahas ke-6 variasi simpul delapan tersebut, antara lain :


FIGURE EIGHT

Simpul delapan tunggal, simpul ini adalah pola dasar dari semua jenis simpul delapan lainnya, simpul delapan tunggal biasa digunakan sebagai penanda batas ujung tali juga berfungsi agar ujung tali tidak terurai.


FIGURE EIGHT  FOLLOW THROUGH

Simpul ini untuk membuat simpul delapan di ujung tali, sebuah simpul yang paling sering dipakai saat memanjat. Biasa digunakan sebagai simpul penghubung antara tali panjat dengan harness. Simpul ini lebih sempurna kalau ujung talinya di tambah simpul stopper.


FIGURE EIGHT ON A BIGHT

Secara bentuk sama dengan simpul untuk harness berbedaannya adalah simpul ini bisa dibuat di tengah tali jadi walau sama tetapi cara membuatnya sedikit berbeda. Kalau pada Figure Eight Follow Through diawali dengan membuat simpul delapan tunggal maka pada simpul ini terlebih dahulu tali dilipat menjadi ganda baru di buat simpul delapan. Simpul ini biasa digunakan untuk membuat anchor.


FIGURE EIGHT DIRECTIONAL

Simpul untuk membuat loop di tengah tali, seperti simpul kupu-kupu (butterfly knot) sering dipakai pada Vertical Rescue atau Rope Access. Loop di tengah tali memiliki banyak fungsi diantaranya bisa sebagai anchor, membuat anak tangga, untuk melokalisir bagian tali yang rusak dan lain sebagainya.


DOUBLE FIGURE EIGHT

Simpul ini sering disebut juga dengan simpul telinga kelinci (Bunny ear knot), Dalam panjat tebing biasa digunakan untuk membuat anchor sering juga digunakan untuk menghubungkan tali dengan harness yaitu dengan menambah 2 carabiner sebagai perantara. Simpul ini sangat kuat tetapi cenderung sulit dilepas setelah banyak dibebani.


FIGURE EIGHT BEND / FLEMISH BEND

Simpul delapan juga bisa digunakan untuk menyambung dua tali terutama yang identik. Simpul ini juga sangat kuat dan biasa digunakan sebagai simpul sambungan untuk membuat anchor. Simpul ini lebih sempurna dengan membuat simpul stopper di kedua ujung tali.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel 6 JENIS SIMPUL DELAPAN (FIGURE EIGHT KNOT) DAN FUNGSINYA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.