Laman

PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT ULAR BERBISA


Saat berada di alam bebas tak banyak yang bisa dilakukan saat terkena gigitan ular, oleh sebab itu lakukan langkah – langkah penanganan dengan sangat baik untuk meminimalisir akibat fatal yang bisa berujung pada kematian. Penanganan darurat saat digigit ular tujuannya adalah untuk memperlambat penyerapan bisa demi mempertahankan hidup korban serta menghindari komplikasi dan mengawasi gejala dini yang membahayakan sebelum mendapatkan tindakan medis di rumah sakit.

Berbicara masalah penanganan darurat atau pertolongan pertama tentu tidak harus memiliki skill medis tingkat dewa atau harus menggunakan alat – alat medis layaknya paramedis cukup kemauan untuk belajar. Untuk memastikan gigitan ular berbisa atau tidak, anda dapat melihat dari bentuk gigitannya, dibawah ini adalah gambar beberapa contoh gigitan ular. Jika digigit ular tidak berbisa anda dapat memperlakukan seperti penanganan pada luka tusukan. Namun jika berbisa jangan panik apalagi sampai menggigit balik si ular :D


BEBERAPA GEJALA YANG TIMBUL  AKIBAT GIGITAN ULAR BERBISA

1. Bengkak, nyeri dan kemerahan di sekitar gigitan
2. Demam
3. Mual Muntah
4. Sakit kepala
5. Kesulitan bernafas, dll.

PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT ULAR

1. Pindahkan korban ke lokasi yang lebih aman.
2. Tenangkan korban, yakinkan bahwa digigit ular bisa ditangani dengan efektif di IGD. Lagipula ketakutan berlebih bisa mengakibatkan shock, sesak nafas hingga kematian.
3. Ketahui jenis ular dengan menandai bentuk, corak atau warnanya.
4. Jika bingung mengetahui jenis ular berbisa atau tidak, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan anggap saja ular itu berbisa.
5. Jika ada lepaskan semua perhiasan pada tubuh seperti cincin, gelang atau sebagainya sebelum terjadi pembengkakan, kalau sudah terlanjur bengkak akan sulit untuk dilepas.
6. Jangan banyak bergerak atau diamkan terutama anggota tubuh yang digigit, karena pergerakan atau kontraksi otot dapat meningkatkan penyerapan bisa ke aliran darah.
7. Balut luka seperti luka keseleo biasa, jangan buang waktu segera bawa korban dengan cara digendong bukan dipapah agar racun tidak menyebar dengan cepat.

Dalam pengobatan modern saat ini, penanganan dengan cara mengikat bagian atas tubuh yang digigit sangat tidak dibenarkan karena kesalahan dalam mengikat telah mengakibatkan banyak korban yang harus diamputasi, membuat sayatan menyilang di lubang bekas gigitan dapat mengakibatkan luka menahun dan bisa berakhir diamputasi. Bertindak cepat dan tepat serta memanfaatkan waktu seefektif mungkin saat ada korban gigitan ular dapat menghindari korban dari ancaman amputasi, kelumpuhan bahkan kematian. Beberapa jenis ular dengan bisa yang sangat kuat yang ada di Indonesia adalah ular cobra, ular hijau, ular welang, ular weling dan ular laut.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT ULAR BERBISA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.