Laman

KEGUNAAN EMERGENCY BLANKET DALAM SURVIVAL


Dalam situasi survival hal pertama yang harus dilakukan adalah mendirikan shelter, ini menjadi paling penting karena secara normal kita hanya bisa bertahan hidup 3 jam bila terpapar langsung oleh cuaca dengan suhu ekstrime tanpa perlindungan. Oleh sebab itu kemampuan mendirikan shelter seperti menggunakan tenda, flysheet, ponco atau dengan bahan alam (natural shelter) seperti dengan memanfaatkan pohon, lubang ditanah atau goa  wajib di kuasai oleh seorang yang akan melakukan kegiatan di alam bebas.

Begitupun dalam survival kit yang kita miliki ada baiknya menyiapkan peralatan untuk mendirikan shelter, salah satunya adalah emergency blanket. Sebenarnya fungsi utama emergency blanket ini adalah sebagai selimut yang sangat berguna untuk mempertahankan suhu tubuh dalam kondisi cuaca dingin.

Emergency blanket atau selimut alumunium foil terbuat dari bahan metal film polyester yang sangat efektif menahan air, angin, dan juga menjaga suhu normal tubuh, bisa dipakai berulangkali, dan yang terpenting tidak memakan banyak tempat dalam kotak survival karena ukurannya yang kecil saat dilipat.


Walaupun fungsi utama dari emergency blanket adalah sebagai selimut, Dalam kondisi tertentu sebuah emergency blanket bisa kita gunakan untuk keperluan lain, seperti :

- Membuat shelter
- Menampung air
- Memasak makanan
- Reflector singal

Dengan sedikit kreatifitas kita masih bisa memaksimalkan lagi fungsi dari emergency blanket ini, oleh karena itu sangat di sarankan menyediakan alat yang satu ini di dalam survival kit yang kita miliki. 

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel KEGUNAAN EMERGENCY BLANKET DALAM SURVIVAL ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.