Laman

KEGUNAAN EMERGENCY BLANKET DALAM SURVIVAL


Dalam situasi survival hal pertama yang harus dilakukan adalah mendirikan shelter, ini menjadi paling penting karena secara normal kita hanya bisa bertahan hidup 3 jam bila terpapar langsung oleh cuaca dengan suhu ekstrime tanpa perlindungan. Oleh sebab itu kemampuan mendirikan shelter seperti menggunakan tenda, flysheet, ponco atau dengan bahan alam (natural shelter) seperti dengan memanfaatkan pohon, lubang ditanah atau goa  wajib di kuasai oleh seorang yang akan melakukan kegiatan di alam bebas.

Begitupun dalam survival kit yang kita miliki ada baiknya menyiapkan peralatan untuk mendirikan shelter, salah satunya adalah emergency blanket. Sebenarnya fungsi utama emergency blanket ini adalah sebagai selimut yang sangat berguna untuk mempertahankan suhu tubuh dalam kondisi cuaca dingin. Namun dalam kondisi tertentu fungsi dari emergency blanket bisa disesuaikan menurut kebutuhan, misalnya saja untuk groundsheet atau flysheet.

Emergency blanket atau selimut alumunium foil terbuat dari bahan metal film polyester yang sangat efektif menahan air, angin, dan juga menjaga suhu normal tubuh, bisa dipakai berulangkali, dan yang terpenting tidak memakan banyak tempat dalam kotak survival karena ukurannya yang kecil saat dilipat.

Walaupun fungsi utama dari emergency blanket adalah sebagai selimut, Dalam kondisi tertentu sebuah emergency blanket bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti :

- Memasak Makanan

- Reflektor signal

Dengan sedikit kreatifitas dalam keadaan darurat anda masih bisa memaksimalkan lagi fungsi dari emergency blanket ini, Misalnya :

- Ponco
- Penampung air
- Tali
- Penanda jalan
- Sling
- Perban, dll.

Oleh karena itu menurut penulis alat yang satu ini wajib masuk dalam list alat yang harus anda bawa dalam survival kit yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel KEGUNAAN EMERGENCY BLANKET DALAM SURVIVAL ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.