Laman

LOKASI PANJAT TEBING BUKIT KANDIS BENGKULU


Bukit Kandis adalah sebuah bukit batu yang sangat populer di Propinsi Bengkulu, dulunya disekitar bukit ini banyak di tumbuhi oleh pohon asam kandis, itulah mengapa lokasi ini dinamakan dengan bukit kandis, walaupun untuk sekarang ini tumbuhan tersebut sudah sangat jarang ditemui. Di lokasi bukit ini pernah didirikan pabrik pemecah batu karena bukit ini juga tak lepas dari aktifitas penambangan besar-besaran tetapi sekarang pabrik tersebut sudah tidak adalagi karena sudah dihentikan, yang tersisa hanyalah bekas bangunan pekerja dan sisa-sisa bekas galian yang masih terus dilakukan oleh warga sekitar walaupun dalam skala kecil.

Kawasan di sekitar bukit ini dulunya dikelilingi oleh hutan lebat dan hanya bisa diakses dengan sepeda motor tetapi sekarang berganti dengan lahan perkebunan kelapa sawit dan sudah bisa di akses menggunakan mobil. Bagi masyarakat Bengkulu terutama para pegiat dialam bebas kawasan ini sering dijadikan lokasi hiking, camping, motor cross juga untuk olahraga ektrims seperti rock climbing, biasanya kawasan ini ramai dikunjungi pada hari-hari libur dan juga dijadikan lokasi photo prewedding favorit karena popularitas dan panorama bukit ini yang sangat indah. Kalau cuaca sedang cerah dari bukit ini anda bisa menikmati sunset melihat gunung bungkuk, bukit kabu dan sebagian kota Bengkulu.

LETAK LOKASI BUKIT KANDIS

Bukit Kandis berada di desa Durian Demang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Propinsi Bengkulu.

AKSES KE LOKASI PANJAT TEBING BUKIT KANDIS

Dari pusat kota Bengkulu ke desa Durian Demang membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan, bisa menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat, setelah melewati gerbang desa menuju bukit kandis memakan waktu sekitar 15 menit - 30 menit karena kondisi jalan yang kurang bagus dan selama perjalanan anda akan melewati perkebunan sawit milik warga.

KARAKTER BATUAN TEBING BUKIT KANDIS

Batuan bukit kandis adalah dari jenis batuan andesit, bukit ini diameternya mencapai 700 meter dengan tinggi sekitar 125 meter, di beberapa bagian permukaan tebing batu ini ditumbuhi oleh pepohonan. Batuan andesit sendiri adalah jenis batuan yang sangat keras yang biasa digunakan untuk membuat patung ataupun candi.

JALUR PANJAT DI LOKASI BUKIT KANDIS

Jalur panjat tebing di lokasi bukit kandis terdapat di dua bagian yaitu di sisi sebelah selatan dan sisi sebelah utara bukit. Di sisi selatan bukit terdapat beberapa jalur dan jalur yang paling terkenal disini adalah jalur ‘tokek’, tinggi jalur mencapai 30 meter dan itu kira-kira masih sepertiga dari tinggi tebing keseluruhan untuk mencapai top ke puncak bukit. Jalur yang menghabiskan waktu sekitar 2 minggu untuk pembuatannya di tahun 2005 yang lalu, dibuat oleh komunitas mapala fakultas ekonomi universitas Bengkulu.

 Jalur ‘tokek’ ini paling sering dijadikan tempat pemanjatan oleh para pencinta olahraga panjat tebing khususnya di daerah Bengkulu. Beberapa waktu yang lalu tebing di lokasi ini juga dijadikan tempat pengibaran bendera raksasa memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh komunitas pencinta alam se-Propinsi Bengkulu. 

Di sisi utara bukit juga terdapat beberapa jalur pemanjatan, diantaranya ada jalur ‘gelamai’ yang dibuat oleh mapala fakultas ekonomi UNIB dengan tinggi jalur sekitar 25 meter juga ada jalur yang dibuat oleh pegiat olahraga panjat tebing dari pulau jawa yang diberi nama jalur ‘serawai’. Tetapi sayangnya jalur -jalur di sisi utara ini kini banyak yang tidak bisa dipanjat lagi karena menjadi lokasi penambangan batu. Kalaupun akan dipanjat harus melakukan rebolting dibeberapa jalur karena jarak antara hanger pertama dengan tanah sudah sangat jauh akibat tergerus oleh aktifitas penambangan.

KOORDINAT LOKASI BUKIT KANDIS DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING BUKIT KANDIS BENGKULU ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.