Laman

CARA AGAR AMAN DARI SERANGAN ULAR SAAT DI HUTAN


Bertemu ular saat melakukan perjalanan di hutan atau saat melakukan aktifitas seperti camping tentu sesuatu yang sangat tidak diinginkan terjadi kecuali anda sedang berburu ular atau pawang ular. Hal ini wajar mengingat resiko bahaya yang bisa terjadi jika terkena bisa ular. Sebenarnya yang membuat orang takut dengan ular selain bisa nya adalah karena keberadaan ular yang sulit untuk dilihat saat di hutan, tiba-tiba saja sudah di depan atau dekat sepatu.

Saat akan menyerang biasanya ular akan membuat tubuhnya berbentuk spiral dengan kepala sedikit terangkat ditambah lagi dengan mengeluarkan suara desis yang kuat, ular cobra malah akan membuat kepala nya sampai posisi vertical sebagai tanda ia akan menyerang. Walau demikian  ular hanya menyerang jika merasa terganggu, merasa terpojok atau dalam keadaan terancam. Digigit ular hanya bisa disembuhkan dengan serum anti racun oleh para medis, jadi sangat mengerikan jika anda sampai digigit ular apalagi ular dengan bisa yang mematikan di tengah rimba hutan yang pastinya jauh dari rumah sakit.

Untuk menghindari gigitan ular ada baiknya anda mengetahui sifat – sifat ular terlebih dahulu yang berhubungan dengan cara dia memangsa, antara lain :
  • Ular memiliki sensor panas di kepalanya untuk mendeteksi mangsa melalui panas tubuh.
  • Ular mencium bau menggunakan lidah termasuk bau mangsanya, makanya ular sering  menjulurkan lidahnya keluar, lalu apa fungsi hidung ular! :D
  • Ular sangat sensitive terhadap gerakan. 
Di Negara kita ada sekitar 250 – 300 jenis ular tetapi hanya 6 – 8 persen saja yang berbisa, jadi sebenarnya jangan terlalu takut saat bertemu dengan ular, namun karena paradigma yang berkembang di masyarakat seolah – olah hampir semua bisa ular menyebabkan kematian, hal ini lah yang membuat masyarakat salah bertindak ketika bertemu ular atau melakukan penanganan yang tidak tepat saat di gigit ular yang justru malah memperparah keadaan korban gigitan ular.

BACA JUGA : PENANGANAN DARURAT SAAT DIGIGIT ULAR BERBISA

TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN SAAT BERTEMU ULAR

Pertama - yang harus anda lakukan ketika berhadapan dengan ular adalah jangan panik apalagi langsung mengambil langkah seribu. Memang, susah – susah sulit untuk jangan panik saat berpas-pasan dengan ular tetapi percayalah gerakan ular jauh lebih cepat dari gerakan kaki anda, jangankan untuk langkah yang keseribu baru berhasil dilangkah pertama saja kemungkinan besar kaki anda juga sudah berhasil dipatuknya, dan ular dapat mencium bau mangsanya lewat kepanikan. Jadi jangan panik berlebihan saat berpas-pasan dengan ular.

Kedua - jangan melakukan gerakan spontan saat bertemu ular, walaupun anda bergerak untuk menjauh bukan untuk melumpuhkannya tetapi ular akan membacanya sebagai ancaman, ini akan membuat anda diserang oleh ular. Jadi sebaiknya tetap diam saat bertemu ular apalagi anda kebetulan berada di posisi yang tidak menguntungkan seperti tidak memiliki senjata apapun sebagai pertahanan.

Ketiga - perhatikan arah badan anda, arah badan saat bertemu dengan ular yang siap menyerang adalah tetap berhadapan dan jangan menyamping, jarak minimal 1,5 meter, karena mata ular berada disamping jadi penglihatannya tidak bagus untuk melihat ke depan. Lalu perhatikan gerakan ular biasanya ia akan menggerakkan tubuh atau kepalanya ke arah samping mangsanya untuk dapat melihat, jika sudah demikian imbangi gerakan ular, sambil perlahan bergerakan mundur sampai jaraknya dirasa sudah cukup aman. (sumber. sangfajar.com)

Anda bisa melanjutkan perjalanan saat ular sudah pergi atau ambil jalan lain memutar kalau ularnya betah tinggal disitu. Tak perlu mengambil resiko dengan mengusir apalagi membunuhnya kecuali anda lapar karena kehabisan logistik.

CARA AGAR TENDA AMAN DARI ULAR SAAT CAMPING

Kalau bertemu ular di jalan terjadi karena tidak sengaja berpas-pasan atau kebetulan anda yang tidak sengaja lewat dekat sarangnya, maka bertemu ular saat camping bisa jadi karena tanpa sadar anda yang mengundangnya. Oleh sebab itu untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal perlu anda perhatikan agar aktifitas camping anda aman dari ular, antara lain :

Pertama - jangan mendirikan tenda di area yang lembab dan semak parah, ular sangat menyukai tempat lembab dan bersemak, lokasi dekat tumbuhan bambu, pohon tumbang dan ilalang yang tinggi menjadi tempat favorit bagi ular bahkan sering dibuat sebagai sarang untuk bertelur. Sebaiknya pilih lokasi yang cukup kering lebih bagus lagi yang terkena sinar matahari.

Kedua - jangan ada sisa makanan di sekitar tenda, usahakan lokasi tenda selalu dijaga kebersihannya, sisa makanan bisa mengundang tikus, cacing dan sejenisnya untuk datang, hewan – hewan ini bisa mengundang datangnya ular ke lokasi tenda.

Ketiga - api membuat ular takut untuk mendekat, membuat api unggun disekitar tenda selain bisa menghangatkan tubuh dan memasak api juga sangan efektif untuk mencegah ular dan bukan hanya ular tetapi juga untuk hewan – hewan lain untuk mendekat.

Keempat - dari pada menghalau ular melalui fisiknya lebih baik memanfaatkan indra penciumannya. ular sangat tidak menyukai bau menyengat yang tak lazim di alam liar, seperti bau parfum, kapur barus dan obat pembasmi serangga karena bisa sangat menggangu indra penciumannya sehingga sangat dihindari oleh ular. Jadi tindakan seperti meletakkan kapur barus di sudut – sudut tenda bisa mencegah ular untuk datang.


Penggunaan garam tidak efektif untuk mencegah ular, garam hanya efektif untuk hewan dengan kulit berlendir seperti pacet, lintah, cacing, siput dan sejenisnya, sedangkan kulit ular tidak berlendir tetapi kering dan bersisik. Demikianlah beberapa tindakan yang bisa anda lakukan ketika bertemu ular saat melakukan perlajanan di alam bebas dan cara agar tenda aman dari ular saat camping, semoga bermanfaat.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA AGAR AMAN DARI SERANGAN ULAR SAAT DI HUTAN ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.