Laman

TEBING DAN JURANG TERINDAH DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA


Selama ini mungkin gunung, hutan  dan lautan adalah tempat – tempat yang paling populer sebagai tujuan wisata dan paling sering dikunjungi oleh para petualang, tetapi kali ini penulis tak membahas lokasi – lokasi mainstream tersebut, penulis lebih tertarik membahas tebing, jurang sebagai lokasi tujuan wisata yang tak kalah menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Dibawah ini ada 7 jurang dengan panorama terindah di dunia, antara lain :


LEMBAH TIGER LEAPING

Lembah Tiger Leaping terletak di sungai Jinsha dekat Lijian Kota Yunnan di Cina, Lembah ini memiliki panjang sekitar 15 kilometer dan melewati banyak jeram yang dikelilingi oleh pegunungan dikedua sisinya. Kedalam mencapai 3790 meter dari puncak ke sungai, lembah ini diyakini sebagai salah satu lembah terdalam dan terindah di dunia, lembah tersebut dihuni oleh suku Naxi yang tinggal di beberapa dusun kecil yang menggantungkan hidup pada biji-bijian serta kebiasaan melewati lembah dengan berjalan kaki.


GORGE DU VERDON

Gorge du Verdon terletak di sebelah tenggara Perancis, lenbah ini adalah ngarai sungai yang memiliki panjang sekitar 25 kilometer dan ketinggian tebing sampai 700 meter dari sungai Verdon di bawahnya. Sungai ini di namai ‘Verdon’ karena warna airnya yang hijau zambrud dan sangat mengagumkan. Lokasi sungai di lembah ini telah menjadi favorit bagi pencinta olahraga air seperti arung jeram, kayak, berlayar dan sky air. Gorge du Verdon disebut – sebut sebagai ngarai terindah di Eropa.


GRAND CANYON

Grand Canyon terletak di utara Arizona Amerika dan merupakan salah satu jutuan wisata utama di Amerika yang terbentuk oleh erosi sungai Colorado, Rgand Canyon merupakan salah satu lembah yang paling luar biasa di dunia, memiliki kedalaman lebih dari 1,6 kilometer dengan panjang 446 kilometer, walau lembah ini bukan yang terdalam ataupun yang terpanjang tetapi lembah ini sangat besar dan luas sehingga membentuk landscape yang unik serta berwarna-warni, sebuah pemandangan yang sangat spektakuler dan sulit di temui di seluruh dunia.


THE FISH RIVER CANYON

The Fish River Canyon terletak di Nambia selatan Afrika, merupakan jurang terbesar di Afrika dan juga terbesar kedua setelah Grand Canyon di Arizona, Objek wisata ini merupakan lokasi wisata dengan pengunjung terbanyak. Memiliki panjang sekitar 160 kilometer dan lebar 27 kilometer serta memiliki kedalaman 550 meter. Di ngarai ini juga terdapat resort mata air panas di ujung bawah ngarai. Ngarai ini memiliki debit air yang kecil karena aliran sungainya di bendung.


ANTELOPE CANYON

Antelope Canyon terletak di barat daya Amerika, merupakan lembah yang paling sering di foto dari pada semua ngarai yang ada di dunia ini, memiliki batuan berwarna orange dan ungu menyala dengan berbentuk kurva membuat lembah ini sangat indah. Kedua sisi dinding lembah ini sangat sempit sehingga di beberapa tempat anda bisa menyentuh kedua sisinya dengan tangan anda. Meski lembah ini sangat indah namun juga kadang sangat berbahaya, tercatat pada tahun 1997 banjir bandang menyapu tempat ini yang menewaskan 11 wisatawan yang sedang berkunjung. Lembah ini terbentuk oleh erosi Navojo Sandstone.


KING’S CANYON

King’s Canyon terletak di gurun selatan dari Northern Territory di Australia. Formasi kubah enigma tebing alam yang tajam dan sangat indah. Wilayah ngarai ini merupakan situs suci dari suku Aborigin dan pengunjung disarankan berjalan kaki jika mengunjungi tempat ini. Panorama di sekitar gurun ini sangat indah sehingga membuat siapa saja yang pernah berkunjung ke tempat ini tak akan pernah melupakannya.


COPPER CANYON

Copper Canyon terletak di Negara Mexico, sebenarnya lembah ini adalah jaringan beberapa lembah yang jika disatukan akan berukuran beberapa kali lebih besar dari Grand Canyon di Arizona. Cara paling populer untuk menjelajahi lokasi lembah yang satu adalah dengan menggunakan kereta api “Chihuahua al Pacifico”. Jalur kereta api ini akan melewati 37 jembatan, 86 terowongan dan naik hingga setinggi 2400 meter di atas permukaan laut. Dari atas ketinggian seperti ini lembah yang ada di bawahnya nampak begitu sangat indah.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TEBING DAN JURANG TERINDAH DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.