Laman

PEMANJAT FREE SOLO TERBAIK DUNIA DALAM PANJAT TEBING


Walaupun jenis pemanjatan Free Solo memiliki resiko yang besar tetapi tetap saja pemanjatan jenis ini banyak di lakukan terutama oleh pemanjat di luar negeri. Bahkan beberapa diantaranya adalah gelenda dalam olahraga panjat tebing, di bawah ini akan penulis bahas beberapa pemanjat free solo tingkat dunia terbaik dan paling berpengaruh, diantaranya :


DAN OSMAN

Lahir tanggal 11 Februari 1963 dan meninggal pada tanggal 23 November 1998 di Taman National Yosemite California Amerika setelah mengalami kecelakaan saat melakukan Rope Free-Flying. Salah satu Legend terbaik dalam panjat tebing, Salah satu rekor terbaik pemanjat yang akrab di sapa ‘dano’ ini adalah melakukan Free Solo Climbing di Lover’s Leap di El Dorado, California dengan catatan waktu 4 menit 25 detik.


DEAN POTTER

Lahir tanggal 14 April 1972 dan meninggal Tanggal 16 Mei 2015 saat melakukan penerjunan wingsuit di tebing Yosemite National Park. Selain panjat tebing dia juga menguasai beberapa jenis olahraga ekstrime lain seperti Highline dan Baseline. Dean Potter memiliki kemampuan control yang sangat baik di banding pemanjat lain. Ia banyak melakukan pemanjatan di Yosemite dan Pentagonia. Dean Potter pernah mengatakan bahwa : “soloing for me is about being completely in the moment, not worrying about the past or future, but just right here, right now. That’s why I do it.


ALEX HONNOLD

Lahir pada tanggal 17 Agustus 1985 di Sacramento, California. Mulai memanjat di usia 11 tahun dan masih aktif memanjat hingga sekarang. Lokasi panjat favoritnya adalah di Yosemite karena memiliki tebing-tebing beras dan sangat menantang. Ia banyak melakukan pemanjatan Free Solo tidak hanya di Amerika tetapi juga di beberapa Negara lainnya sampai Afrika. Dia adalah satu-satunya pemanjat Solo Climbing di Monolit El Capitan bulan Juni 2017 yang lalu dengan lama pemanjatan 3 jam 56 menit.


STEPH DAVIS

Stephanie “Steph” Davis, Wanita asal Amerika kelahiran tahun 1973 ini adalah salah satu pemanjat wanita terbaik karena berhasil menaklukan sejumlah rute paling sulit di dunia. Dia banyak menginspirasi wanita lain untuk menjadikan panjat tebing sebagai pilihan dalam hidup. Beberapa prestasi yang pernah dilakukan adalah, Ia wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Torre dan Range Fitzroy di Patagonia, dan dia juga wanita pertama yang mendapat lisensi memanjat dinding Salate di Elcapitan juga tebing The Diamond Long Peaks Colorado. Selain kuat dan seksi Ia juga seorang Blogger.


CATHERINE DESTIVELLE

Lahir pada tanggal 24 Juli 1960 di Oran Aljazair, Catherine adalah pemanjat Perancis, Ia adalah Ratu sejagat dalam panjat tebing, pemanjat wanita yang sangat dikenal dan pernah membintangi beberapa film dukumenter tentang petualangan. Ia pemanjat wanita pertama yang berhasil memanjat The North Face Eiger sendirian dalam waktu15 jam. Catherine pertama kali terjun ke pemanjat tebing professional pada tahun 1985, salah satu film dokumenternya yang mudah anda temukan di youtube adalah saat Ia memanjat Solo di Mali.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PEMANJAT FREE SOLO TERBAIK DUNIA DALAM PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.