Laman

RAJIN MINUM KOPI DAN DAPATKAN MANFAATNYA


Bagi sebagian orang minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang tak bisa dilepas dari kebiasaan sehari-hari, wajar saja karena kopi banyak sekali manfaatnya, dan penikmat kopi sudah pasti merasakan manfaat dari mengkonsumsi kopi setiap hari. Apalagi kualitas kopi Indonesia yang memang sangat nikmat dan sudah mendunia. Namun selain manfaat kopi kalau di konsumsi secara berlebihan juga tidak baik, berikut beberapa manfaat dan bahaya kopi yang harus anda ketahui.

MANFAAT KOPI

KOPI MENGANDUNG BANYAK NUTRISI

Dalam segelas kopi mengandung :

Riboflavin (Vitamin B2) : 11% of the RDA.
Pantothenic Acid (Vitamin B5) : 6% of the RDA.
Manganese and Potassium : 3% of the RDA.
Magnesium and Niacin (B3) : 2% of the RDA.

(RDA adalah singkatan dari Recommended Dietary Allowance, yaitu estimasi jumlah nutrisi atau kalori per hari yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh).

Segelas kopi setara dengan 1.8 gram serat. Jumlah konsumsi serat yang direkomendasikan adalah 20-38 gram.

Walapun terlihat tidak signifikan, tetapi sebagian orang mengkonsumsi kopi lebih dari segelas perhari tentu ini akan meningkatkan jumlah nutrisi mengkonsumsi kopi.

KOPI MENINGKATKAN KINERJA DAN PERFORMA

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menigkatkan level andrenalin di dalam darah dan andrenalin membuat tubuh siap digunakan secara intens. Kafein membuat sel lemak (fat cell) menghancurkan lemak tubuh lalu dilepas ke darah sebagai energy. Oleh karena itu kafein bisa meningkatkan performa fisik rata-rata 11-12%. Minum kopi sebelum latihan bisa meningkatkan endurance (daya tahan) hal ini juga bisa membantu anda tampil baik selama latihan bahkan dalam kondisi kurang tidur. Dua gelas kopi dapat mengurangi rasa sakit sebanyak 48% pada otot setelah berolahraga.

KOPI DAPAT MENGURANGI RESIKO BEBERAPA PENYAKIT BERBAHAYA

Kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya bisa mencegah penyakit parkinson, menangkal diabetes, kopi hitam yang kuat juga bisa membunuh bakteri perusak gigi (namun efek ini akan hilang jika ditambah gula atau susu). Mengurangi resiko beberapa jenis kanker, mengurangi resiko terkena encok, dan masih banyak lagi manfaat kopi untuk kesehatan.

BAHAYA MINUM KOPI

Minum kopi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini wajar namanya juga berlebihan, segala yang berlebihan pasti berbahaya begitu juga dengan kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi memang bermanfaat tetapi jika berlebihan kafein akan memberi efek yang tidak baik bagi tubuh, karena kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah. Berlebihan minum kopi dapat melemahkan daya tahan tubuh, ini karena kafein dalam kopi dapat menyerap vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kopi juga dapat membuat anda cepat kehilangan cairan didalam tubuh, minum juga air putih setelah kopi akan lebih baik.

BAHAYA MINUM KOPI SAAT PERUT KOSONG

Beberapa dampak negatif minum kopi dalam keadaan perut kosong antara lain :

1. Meningkatkan asam lambung, walau pahit kopi juga mengandung asam, minum kopi saat perut kosong dapat mengkatkan kadar asam lambung, asam lambung bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa diisi apapun apalagi ditambah kopi.

2. Mengganggu penyerapan nutrisi, minum kopi saat perut kosong juga membuat tubuh kekurangan magnesium dan kekurangan magnesium dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan lain.

3. Minum kopi saat perut kosong juga bisa menyebabkan dehidrasi, sering buang air kecil menyebabkan tubuh kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi membuat tubuh lemas, sakit kepala bahkan pingsan.

4. Selain itu minum kopi saat perut kosong juga mengakibatkan “terbuangnya” hormon korsitol atau hormon stress langsung pada aliran darah, akibatnya tubuh haus akan asupan gula, sulit berfikir jernih dan menggangu pola tidur apalagi sambil memandangi foto mantan.

Minum kopi segelas perhari sudah baik, namun kalau merasa kurang bisa 2-3 gelas perhari masih baik, jangan berlebihan. Lebih nikmat minum kopi di warung kopi bareng teman-teman, selain mendapat manfaat kopi, juga dapat wi-fi gratis, kan lumayan apalagi bagi anda yang tergolong fakir kuota.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel RAJIN MINUM KOPI DAN DAPATKAN MANFAATNYA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.