Laman

PERSIAPAN YANG DIPERLUKAN SEBELUM MENDAKI SENDIRI (SOLO HIKING)


Solo hiking atau mendaki sendiri mungkin terdengar sedikit menakutkan tapi bagi sebagian orang justru menyenangkan. Mungkin di Negara kita mendaki sendiri masih kurang diminati tetapi bagi pendaki luar negeri justru mereka lebih suka mendaki gunung sendiri atau paling banyak berdua alasan utamanya soal privasi, pendaki luar negeri lebih suka privasi mereka tidak terganggu oleh pendaki lain saat di gunung dan uniknya lagi bukan hanya di Negara sendiri saat mendaki gunung di Negara lainpun mereka jarang yang berkelompok.

Bagi anda yang senang atau ingin mencoba mendaki sendiri atau solo hiking ada beberapa hal perlu anda ketahui sebelum melakukan pendakian, karena bagaimanapun mendaki sendiri resikonya lebih besar daripada mendaki berkelompok kalau tidak di persiapkan dengan sangat matang.

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pendakian sendiri, antara lain :

1. PAHAM BETUL DENGAN BATAS KEMAMPUAN DIRI

Dibutuhkan kemampuan fisik yang kuat saat mendaki sendiri karena anda akan melakukan semua kegiatan sendiri mulai dari membawa semua perlengkapan, mendirikan tenda, memasak sampai tidur sendiri di tenda, untuk jomblo mungkin poin terakhir sudah bisa :D sampai turun kembali, kalau adapun pasti batang pohon atau batu kerikil tempat anda mengadu saat dalam kesulitan. Jadi anda harus paham betul dengan batas kemampuan diri, baik dari segi memampuan fisik maupun keahlian yang anda miliki, jangan memaksakan diri apalagi hanya karena ego pribadi, percayalah tak akan lari gunung dikejar, paling sesekali menghilang hal ini wajar karena pasti akan muncul kembali saat kabut menghilang.

2. PUNYA GAMBARAN RINCI TENTANG GUNUNG YANG AKAN DIDAKI

Cari data tentang gunung yang akan didaki dengan rinci, banyak sumber yang bisa anda manfaatkan, bisa dari internet, buku, bertanya kepada teman atau senior anda yang sudah pernah kesana intinya gali semua informasi saat masi berada dibawah. Dapatkan semua gambaran dengan detil walau kadang yang diberikan samar mulai dari ciri-ciri post pendakian, sumber air, prakiraan cuaca dan lain sebagainya. Ini akan sangat membantu agar anda bisa menyelesaikan pendakian dengan lancar nantinya. Jangan terlalu berharap anda akan bertemu dengan pendaki lain saat diatas.

3. JANGAN MEMAKSAKAN DIRI

Mendaki sendiri walau dengan persiapan yang sudah sangat matang bukan berarti anda sudah pasti sampai ke puncak, jangan memaksakan diri ikuti saja apa yang alam perintahkan, saat ditengah perjalanan tiba-tiba hujan lebat atau angin kencang, mungkin alam menyuruh anda untuk istirahat ditempat atau bisa jadi anda diperintahkan harus ‘balik kanan’ atau tidak melanjutkan pendakian dan segera turun. Nikmati saja prosesnya dan jangan memaksakan diri, masih ada hari yang lain, ingat puncak bukan segalanya, karena ‘top’ yang sebenarnya adalah bisa kembali ke rumah dengan selamat.

4. LURUSKAN NIAT DAN SELAMAT MENDAKI

Jangan sombong atau merasa besar kepala saat anda sudah berani mendaki sendiri atau akan memulai pendakian sendiri. Ingat, walau mendaki sendiri tetapi sebenarnya anda tidak benar-benar sendiri. Jadi luruskan niat, tetap rendah diri dan selalu berfikir positif adalah cara terbaik untuk memulai pendakian. Pilihlah jalur yang paling sering dilalui oleh pendaki, menyapa pendaki lain (kalau bertemu) dan bersosialisasi dengan mereka saat di camp ground adalah kebiasaan baik yang selalu harus anda pertahankan. Terakhir, ambil hikmah disetiap pendakian yang anda lakukan.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PERSIAPAN YANG DIPERLUKAN SEBELUM MENDAKI SENDIRI (SOLO HIKING) ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.