Laman

MENYAKSIKAN GERHANA BULAN TOTAL TAHUN 2018 DARI KOTA LHOKSEUMAWE ACEH UTARA


Menikmati rabu malam ini tepatnya tanggal 31 Januari 2018 bagi penulis dan beberapa teman lainnya menjadi sangat istimewa karena tepat pada malam ini terjadi salah satu fenomena alam yang bisa dikatakan jarang terjadi yaitu gerhana bulan total, yang membuatnya istimewa adalah kita bisa menikmati 3 fenomena sekaligus yaitu Super Moon, Blue Moon dan Gerhana Bulan Total dan semua fenomena tersebut bisa disaksikan tanpa alat bantu atau bisa langsung disaksikan dengan mata telanjang.

Dua tahun yang lalu tepatnya Rabu 9 Maret 2016 penulis juga menyempatkan diri untuk menyaksikan fenomena alam yang juga sangat jarang terjadi yaitu Gerhana Matahari Total yang saat itu juga melintasi Negara kita dan hanya terjadi 350 tahun sekali ditempat yang sama. Sebuah kepuasan tersendiri bisa menyaksikan sekaligus mendokumentasikan kedua fenomena alam tersebut.

BACA JUGA : MENGAMATI FENOMENA GERHANA MATAHARI DARI BUKIT GOA JEPANG LHOKSEUMAWE


Kembali ke gerhana bulan total malam ini, dari beberapa sumber yang penulis baca, gerhana bulan dengan 3 fenomena sekaligus ini terakhir terjadi 152 tahun silam yaitu tahun 1866, tentu ini menambah uniknya gerhana bulan total malam ini. Super Moon adalah dimana bulan purnama tampak lebih besar dan lebih terang dari purnama biasanya tepatnya 14% lebih besar dan 30% lebih terang, Blue Moon adalah purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender dan yang tiga adalah Gerhana Bulan Total.

Menyaksikan gerhana bulan tepatnya dari kota Lhokseumawe Aceh Utara sambil menikmati beberapa gelas kopi bersama teman – teman membuat malam ini terasa sangat istimewa, oia gerhana bulan malam ini terjadi dalam beberapa tahap di mulai pada pukul 18.48 wib, mulai awal total pada pukul 19.52 wib, puncak totalnya terjadi pada pukul 20.30 wib, akhir total pada pukul 21.08 wib dan gerhana berakhir pada pukul 22.11 wib.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MENYAKSIKAN GERHANA BULAN TOTAL TAHUN 2018 DARI KOTA LHOKSEUMAWE ACEH UTARA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.