Laman

MANFAAT MENDAKI GUNUNG BUKAN DARI SEGI KESEHATAN


Membahas manfaat mendaki gunung dari segi kesehatan tentu sudah sangat dipahami oleh sebagian besar orang bahkan bagi mereka yang tak suka mendaki sekalipun, bagaimana tidak saat tracking dengan berbagai variasi medan di gunung dengan udara yang masih sangat segar tentu hal ini akan memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.  Oleh sebab itu penulis lebih tertarik membahas manfaat mendaki gunung dari sisi yang lain. Langsung saja dibawah ini ada dua manfaat utama yang bisa anda peroleh dari mendaki gunung antara lain :

MELATIH MENTAL DAN KEMANDIRIAN

Tak ada yang meragukan mental seorang pendaki gunung, ini bisa anda lihat sendiri bagaimana mental teman atau senior anda yang sering mendaki. Bukan tanpa alasan seorang pendaki gunung punya mental yang kuat salah satunya karena mendaki gunung adalah kegiatan yang membuat orang keluar dari zona nyamannya. Sangat sulit untuk untuk beradaptasi dengan liarnya alam dan mendaki adalah salah salah satu caranya.

Mendaki gunung akan membuat mental anda lebih kuat karena mau tak mau anda akan dipaksa untuk melawan semua ketakutan yang membuat anda tidak nyaman selama pendakian dan di tingkat yang lebih tinggi justru gunung menjadi tempat mereka menemukan ketenangan dan kenyamanan. Namun untuk di level ini penulis rasa gunung punya caranya sendiri untuk menyeleksi mana pendaki yang menganggap gunung sebagai sahabat dan mana yang hanya sekedar untuk bersenang-senang.

Saat mendaki gunung anda dipaksa untuk mengurus diri anda sendiri bahkan untuk BAB pun anda harus menentukan lokasi dan membuat tempat sendiri, apalagi untuk hal-hal mendasar yang lain. Oleh sebab itu mendaki membuat anda lebih mandiri dan memang dalam kenyataannya di kehidupan sehari-hari pendaki adalah salah satu orang yang paling bisa menikmati hidup dan jarang mengeluh dengan kerasnya hidup.

CINTA ALAM CINTA NEGERI

Disadari atau tidak dengan mendaki gunung akan membuat anda lebih mengerti arti cinta alam dan cinta negeri, bagaimana tidak dengan langsung berada di alam bebas dengan segala pesonanya rasa cinta akan alam akan tertanam di hati jadi bukan hanya sebagai pemanis di bibir saja. Anda akan merasa sedih bahkan marah ketika melihat alam dirusak, dan hal ini hanya bisa dimengerti oleh mereka yang sudah merasakan betul betapa nyaman dan bermaknanya saat berada di alam bebas. Namun perlu di ingat juga cinta alam bukan berarti anda selalu harus mendaki atau melakukan kegiatan di alam setiap minggu atau bulannya. Tidak mendaki pun anda sudah cinta alam minimal tidak ada tunas pohon yang mati terinjak saat anda melakukan pendakian.

Kalau anda sudah mendaki beberapa gunung atau bisa juga pernah berkunjung ke goa atau air terjun di daerah anda, pasti anda akan sangat bangga dengan daerah anda, karena bagaimanapun bisa merasakan sendiri punya makna lebih dalam daripada hanya mendengar dari orang lain. Oleh sebab itu dengan anda sering mendaki dengan sendirinya akan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Demikianlah dua alasan penting mengapa anda harus mendaki gunung dilihat bukan dari segi kesehatan, sangat banyak manfaat lainnya dari mendaki gunung. Namum perlu di ingat saat melakukan kegiatan di alam bebas apapun jenisnya tidak hanya mendaki gunung pastikan safety prosedur menjadi preoritas utama. Belajar dari yang lebih senior atau bergabung ke komunitas pendaki gunung adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan mendaki.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MANFAAT MENDAKI GUNUNG BUKAN DARI SEGI KESEHATAN ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.