Laman

MANFAAT MADU BAGI PARA PENDAKI GUNUNG


Madu sangat bermanfaat untuk kesehatan, tetapi kali ini penulis akan membahas manfaat madu khusus bagi pendaki gunung atau pegiat di alam bebas lainnya, madu bagi penulis adalah salah satu perlengkapan yang selalu ada terutama dalam survival kit, apalagi untuk saat ini sangat mudah untuk mendapatkan madu, selain bentuk botol juga ada dalam bentuk sashet. Madu selain bermanfaat untuk di konsumsi juga punya manfaat untuk obat luar. Dibawah ini beberapa manfaat madu yang perlu anda ketahui.

MADU SEBAGAI SUMBER ENERGI LENGKAP

Madu adalah sumber energy alami yang sangat baik untuk tubuh, madu mengadung banyak karbohidrat, fruktosa dan glukosa sehingga sangat baik untuk di konsumsi, anda cukup mencampur 3 sendok madu murni dengan setengah liter air putih lalu meminumnya, untuk memulihkan stamina dengan cepat, mengontrol gula darah sehingga membantu penyembuhan otot dengan cepat. Madu juga bisa menghindari dehidrasi sehingga banyak dibawa sebagai bekal saat summit attack.

MADU DAPAT MEREDAKAN BEBERAPA PENYAKIT

Madu bisa meredakan radang tenggorokan dan batuk, madu bisa membersihkan dahak di saluran pernafasan dan berkhasiat sebagai disinfektan ringan yang membantu meredakan radang tenggorokan, madu juga memiliki efektifitas dalam menekan pusat batuk di tenggorokan. Dengan mengkonsumsi 1 sendok makan madu anda bisa mendapatkan manfaat tersebut. Untuk yang susah tidur juga bisa mengkonsumsi madu agar bisa tidur nyanyak minumlah madu 15 menit sebelum tidur.

MADU SEBAGAI OBAT LUAR

Tidak hanya untuk di mimun, madu juga punya banyak manfaat sebagai obat luar. Untuk penyembuhan luka luar seperti kulit sobek, luka bakar, lecet dan sebagainya, madu dapat mengobati infeksi dan menghambat perkembangan bakteri pada luka. Hal ini karena madu dapat meyerap air penyebab infeksi pada luka dan membantu tubuh untuk membentuk jaringan baru yang rusak karena luka. Saat terluka anda bisa mengoles madu murni hingga 3x sehari untuk membantu penyembuhan. Madu juga membantu melembabkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah terutama saat bibir anda kering.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi madu dan sangat berguna saat beraktifitas di alam bebas. Wajar saja kalau madu selalu dibawa saat pendakian bahkan menjadi bagian dari isi survival kit bagi sebagian pendaki.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MANFAAT MADU BAGI PARA PENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.