Laman

MANFAAT DAN BAHAYA SERTA CARA MEMASAK MIE INSTAN YANG BAIK UNTUK DI KONSUMSI


Mie instan bagi sebagian pendaki adalah menu wajib yang harus dibawa saat akan melakukan pendakian, hal ini wajar mengingat makanan tersebut tahan lama dan mudah sekali untuk dimasak. Kalau ada pendaki yang tidak membawa mie instan saat mendaki alasan utama pasti karena bosan, kalau alasan karena bahaya mie instan penulis rasa bukan alasan utama, toh makanan tersebut tidak dimakan setiap hari. Lagipula mie instan cukup baik di konsumsi dengan catatan diproses dengan benar dan tidak di konsumsi  berlebihan apalagi dalam waktu yang cukup rapat.

MANFAAT MIE INSTAN

Ada beberapa manfaat mie instan yang membuat jenis makanan yang satu ini tetap populer di Indonesia khususnya untuk pendaki gunung, antara lain :

1. Sangat praktis untuk dibawa juga saat dimasak, tak memerlukan banyak waktu untuk memasak mie instan dan ini adalah alasan utama para pendaki suka dengan makanan yang satu ini.

2. Mengadung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi, hal ini sangat berguna sebagai sumber energy untuk beraktifitas, mengkonsumsi mie instan juga membuat cepat kenyang, tetapi walaupun demikian mie instan tetap jangan dijadikan sebagai sumber makanan pokok.

3. Banyak pilihan rasa, setiap orang dapat memilih rasa mie instan sesuai selera mereka, selain itu mie instan juga bisa disajikan dengan berbagai menu masakan mulai dari di rebus, goreng, tumis, sampai di kombinasikan dengan bahan makanan lain.

BAHAYA MIE INSTAN

Walau banyak diminati mengkonsumsi mie instan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama juga bisa merugikan kesehatan, beberapa bahaya mie instan untuk kesehatan, diantaranya :

1. Memicu sakit kepala, mie instan mengadung MSG yang sangat banyak, MSG inilah yang sangat tidak baik untuk tubuh dan otak kita, karena bisa menimbulkan sakit kepala, efeknya bisa ringan sampai serius.

2. Mengganggu pencernaan, mie instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh sehingga pencernaan terganggu. Oleh karena itu banyak penyuka mie instan mengalami sembelit, susah BAB bahkan sampai lambung dan usus bocor.

3. Menurunkan metabolism tubuh dan menghambat penyerapan nutrisi, hal ini disebabkan karena bahan kimia yang terkandung didalamnya.

4. Dan efek negative lainnya dari terlalu berlebihan mengkonsumsi mie instan ini adalah bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, darah tinggi, gagal ginjal, obesitas dan lain sebagainya.


CARA MEMASAK MIE INSTAN YANG BENAR

Untuk antisipasi efek negatif dari mengkonsumsi mie instan ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat memasak mie instan antara lain :

1. Buang air rebusan pertama, walaupun dari beberapa sumber menyebutkan air rebusan pertama tidak berbahaya dan bahkan disitulah mengadung beberapa sumber gizi yang terlarut dari mie instan.

2. Bumbu mie jangan dicampur saat dimasak, sebaiknya ditabur setelah api dikecilkan. Sebenarnya hal ini lebih karena bumbu mie instan yang dibuat dengan berbagai varian rasa dan akan sempurna mengeluarkan rasa jika diberi di akhir proses memasak bukan dalam keadaan api yang sangat panas.

3. Campur dengan bahan makanan lain, seperti sayur, telur atau daging, hal ini untuk menutupi sedikitnya kandungan gizi pada mie instan. Dengan demikian barulah mie instan menjadi lebih sehat.

Demikianlah cara memasak mie instan dan sebenarnya dibungkusan mie instan telah tertera cara masak yang baik, hanya saja terkadang kita kurang memperhatikan dan cenderung tidak mengikuti aturan tersebut.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MANFAAT DAN BAHAYA SERTA CARA MEMASAK MIE INSTAN YANG BAIK UNTUK DI KONSUMSI ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.