Laman

CARA TRAVELER MENGHINDARI MABUK KENDARAAN


Mabuk kendaraan sering terjadi terutama bagi mereka yang belum terbiasa bepergian jauh menggunakan kerbaraan baik itu mobil, kereta, kapal laut atau sebagainya. Bagi para treveler yang sudah terbiasa keadaan ini kebanyakan hal ini bukan masalah lagi, bukan karena mereka sudah anti mabuk kendaraan tetapi lebih karena tubuh mereka sudah bisa mengantisipasi kedaan tersebut dengan sendirinya. Namun bagi yang sampai hari ini masih mudah mengalami mabuk kendaraan, ada beberapa cara untuk menghindari hal tersebut.

PENYEBAB MABUK KENDARAAN

Sebelum mengetahui cara mengantisipasi mabuk kendaraan terlebih dahulu anda harus tahu apa yang menyebabkan mabuk kendaraan bisa terjadi. Mabuk kendaraan adalah kondisi dimana otak menerima rangsangan yang tidak seimbang antara system mata kepada suatu gerakan dengan system pusat keseimbangan di telingan bagian dalam (vestibular). Kondisi ini merangsang produksi histamin yang merangsang otak untuk menimbulkan reaksi mual dan ingin muntah.

Kondisi tersebut bisa juga terjadi karena kurangnya sirkulasi udara segar sehingga membuat otak kekurangan oksigen, buktinya saat mengendarai sepeda motor kita sangat jarang pusing atau mual. Ketika dalam kendaraan posisi duduk yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab. Mabuk kendaraan juga dapat terjadi karena sugesti pada diri sendiri seperti “kalau naik kendaraan pasti mabuk”.

CARA UNTUK MENGHINDARI MABUK KENDARAAN

1. Meminimalisir ketidak seimbangan antara penglihatan yang diterima oleh mata dengan tubuh terhadap gerakan kendaraan, misalnya anda melihat kursi didepan anda tetapi tubuh merasakan belokan dan kecepatan kendaraan, telinga bagian dalam dapat terganggu, ini yang meyebabkan anda pusing dan mual. Hal ini bisa diatisipasi dengan selalu melihat ke depan dengan memilih posisi duduk paling depan, kalau tidak dapat posisi duduk di depan anda masih bisa memfokuskan penglihatan ke titik stabil yang jauh di cakrawala seperti gunung dan sebaginya, jangan tergoda dengan pemandangan jarak dekat disepanjang jalan dan juga jangan menunduk terlalu lama.

2. Membuat sirkulasi udara yang baik di kendaraan, buka sedikit jendela lebih baik kalau menggunakan AC arahkan ke wajah anda dan rasakan manfaatnya, sirkulasi udara yang baik juga bermanfaat untuk mengurangi bebauan yang tidak sedap dan bisa memicu mual dan pusing.

3. Posisikan diri senyaman mungkin saat duduk, menyandarkan kepala ke sandaran bangku belakang dan menggunakan bantal leher bisa sangat membantu membuat pandangan tetap focus.

4. Tidur, memejamkan mata dan mencoba tidur juga bisa menghindari anda dari efek yang lebih berat dari mabuk kendaraan, dengan tidur anda tidak akan merasakaan ketidak seimbangan antara penglihatan dan pendengaran terhadap laju kendaraan. Penggunaan obat anti mabuk untuk bisa tertidur adalah alternative terakhir.

Demikianlah beberapa tips agar tidak mabuk kendaraan, oia sebelum naik kendaraan jangan biarkan perut kosong karena hal ini bisa memicu munculnya gas berlebih di lambung, dan makan makanan yang tidak menyebabkan kembung.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA TRAVELER MENGHINDARI MABUK KENDARAAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.