Laman

ALASAN MINUM COKLAT PANAS SAAT MENDAKI GUNUNG


Menikmati secangkir coklat panas apalagi ditengah suasana sejuk pegunungan sungguh sangat nikmat, mungkin bagi sebagian pendaki sudah merasakan moment tersebut. apalagi saat ini dipasaran sudah ada beberapa produk coklat dalam bentuk sashet yang siap disedu dengan air panas. Penulis sendiri selalu membawa beberapa coklat sashet saat mendaki, karena memang praktis, nikmat dan banyak manfaat. Bagi sebagian orang malah coklat sudah menjadi minuman harian. Berikut beberapa manfaat coklat untuk kesehatan.

MANFAAT COKLAT UNTUK KESEHATAN

COKLAT SANGAT BAIK UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Tak ada yang maragukan manfaat coklat untuk kesehatan, ada banyak sekali manfaat coklat untuk kesehatan diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan otak, menurunkan kolesterol, memperkecil resiko terkena diabetes dan sebagainya. Selain itu coklat juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Seperti menghaluskan kulit, menyuburkan rambut dll. Kalau anda tidak suka kopi, menjadikan coklat sebagai pengganti juga sangat baik.

COKLAT SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI

Coklat mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, daripada coklat batang anti oksidan pada secangkir coklat panas akan memberi manfaat lebih banyak. Antioksidan yang banyak terdapat pada coklat dapat juga melindungi anda dari berbagai jenis kangker dan penuaan dini.

COKLAT DAPAT MENGURANGI STRES

Dengan mengkonsumsi coklat bisa merangsang tubuh untuk memproduksi enzim endorphin yang berperan menciptakan perasaan bahagia, jadi saat anda merasa dalam keadaan stress cobalah minum coklat panas selain nikmat juga dapat menurunkan tingkat stress dan kecemasan. Karena sifatnya yang demikian maka jika minum coklat sebelum tidur sudah pasti akan membuat proses tidur anda lebih rileks dan nyenyak saat didalam tenda.

CARA MELELEHKAN COKLAT YANG BENAR

Kesalahan umum yang banyak dilakukan saat melelehkan coklat agar cair dan nikmat untuk diminum adalah api yang terlalu besar. Api yang terlalu besar bisa membuat kondisi lelehan coklat yang cenderung kasar bahkan hangus. Lagipula kalau terlalu panas maka banyak yang menguap dan terbuang sia-sia. Cara terbaiknya adalah gunakan api kecil saja dan aduk perlahan lalu angkat wadah sebelum benar-benar panas, aduk terus hingga halus sampai uap panas agak berkurang dan coklat panas cair siap di untuk dinikmati.

DAMPAK NEGATIF MENGKONSUMSI COKLAT BERLEBIHAN

Segala sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik bagi tubuh, begitu juga coklat, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi coklat, sebagaimana kita ketahui coklat adalah makanan yang tinggi lemak yang dapat berpengaruh pada bobot tubuh. Konsumsi coklat sesuai kebutuhan dengan demikian nikmat coklatnya terasa dan manfaatnya juga dapat.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel ALASAN MINUM COKLAT PANAS SAAT MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.