Laman

WORLD SEVEN SUMMIT - 7 PUNCAK TERTINGGI DI DUNIA


Berikut ini adalah 7 puncak tertinggi dunia atau World Seven Summit diantaranya adalah :

1. GUNUNG EVEREST



Letak : Tibet
Ketinggian : 8.850 mdpl

Gunung tertinggi di Benua Asia dan tertinggi di Dunia, mendapat julukan sebagai “Atap Dunia” tepatnya berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet namun puncaknya berada di Tibet, Gunung ini mendapat nama inggrisnya dari Sir George Everest, di Nepal gunung ini disebur Sanggarmatha di Tibet Chomolangma. Radhanath Sikdar seorang pakar matematika yang pertama menyatakan Gunung Everest adalah puncak tertinggi dunia pada tahun 1852 melalui perhitungan trigonometri. 

Manusia pertama yang berhasil ke puncak everest adalah Edmund Hillary pendaki asal Selandia Baru bersama Tenzing Norgay seorang Sherpa tahun 1953. Sedangkan orang Indonesia pertama yang sampai di “Atap Dunia” itu adalah Asmujiono seorang anggota Kopasus pada tanggal 27 April 1997 dan menjadi orang pertama yang berhasil se-Asia Tenggara.

2. GUNUNG ACONCAGUA


Letak : Argentina
Ketinggian : 6.962 mdpl

Puncak tertinggi di Benua Amerika tepatnya pegunungan Andes Propinsi Mendoza di Negara Argentina Amerika Selatan. Pendakian pertama pada tahun 1897 oleh ekspedisi Inggris yang dipimpin Edward FitzGerald. Puncak tersebut berhasil dicapai berkat panduan Swiss Matthias Zurbriggen pada tanggal 14 Januari dan oleh dua anggota ekspedisi lainnya beberapa hari kemudian. Bendera merah putih juga pernah berkibar di puncak tersebut tepatnya tahun 2016 yang lalu oleh Tim The Women Indonesia’s Seven Summits Expedition dari UNPAR.

3. GUNUNG DENALI


Letak : Alaska
Ketinggian : 6.194 mdpl

Puncak tertinggi di jantung pegunungan Alaska masih kawasan Amerika Serikat, Denali sendiri adalah bahasa Amerika Asli yang artinya “Yang Tertinggi”. Gunung ini disebut juga dengan Gunung McKinley dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Denali di Amerika. 

4. GUNUNG KILIMANJARO


Letak : Tanzania
Ketinggian : 5.895 mdpl

Puncak tertinggi di Benua Afrika, Kilimanjaro terdiri dari 3 kerucut gunung berapi yang tidak aktif dan tertinggi di Afrika. Puncak tertingginya bernama puncak Uhuru (5.895 mdpl) yang selalu ditutupi oleh salju abadi. Mendaki gunung ini biasanya membutuhkan waktu selama 4 – 5 hari pendakian. 

5. GUNUNG ELBRUS


Letak : Perbatasan antara Rusia dan Georgia
Ketinggian : 5.642 mdpl

Puncak tertinggi di Benua Eropa, Tim The Women Indonesia’s Seven Summits Expedition dari UNPAR berhasil mencapai puncak tersebut pada bulan Mei tahun 2015 yang lalu.

6. GUNUNG VINSON


Letak : Antartika
Ketinggian : 4.897 mdpl

Puncak tertinggi di Benua Antartika ini letaknya lebih kurang 600 mil dari kutub selatan. Vinson terkenal sebagai gunung tersulit untuk di akses, pendaki yang telah mencapai puncak ini adalah kelompok pendaki yang di pimpin oleh Nicholas Clinch dari Amerika. Namun untuk saat ini telah ada beberapa operator yang menawarkan wisata ke gunung tersebut.

7. PUNCAK CARTENSZ


Letak : Indonesia
Ketinggian : 4.884 mdpl

Puncak tertinggi di Benua Australia dan Oceania, sekaligus puncak ke tujuh tertinggi dunia, terletak di Propinsi Papua – Indonesia. Puncaknya selalu ditutupi oleh salju abadi yang semakin lama semakin berkurang akibat pemanasan global dan bisa saja suatu saat akan lenyap.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel WORLD SEVEN SUMMIT - 7 PUNCAK TERTINGGI DI DUNIA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.