Laman

TINDAKAN DARURAT SAAT TERSENGAT UBUR – UBUR


Ubur – ubur bisa ditemukan di seluruh dunia tetapi yang paling mematikan ditemukan di indo-pasifik dan perairan Australia. Umumnya sengatan ubur-ubur tidak disengaja karena berenang atau kesalahan dalam penanganan. Efek sengatan ubur-ubur sangat bervariasi untuk tingkat keparahannya. Paling sering sengatannya akan menimbulkan rasa nyeri dan tanda-tanda merah serta iritasi pada kulit. Beberapa ubur-ubur bisa menyebabkan lebih banyak penyakit dan dalam kasus tertentu walau jarang sekali terjadi sengatannya bisa mengancam jiwa. Kebanyakan sengatan ubur-ubur akan membaik sendiri setelah beberapa waktu kecuali yang menimbulkan reaksi parah memerlukan layanan gawat darurat.

GEJALA YANG TIMBUL SAAT TERSENGAT UBUR-UBUR

- Terasa nyeri menyengat seperti terbakar pada kulit
- Kulit kemerahan melepuh, gatal dan terasa sakit
- Tingkat yang lebih parah bisa mual, muntah
- Pusing, demam hingga sesak nafas

TINDAKAN DARURAT SAAT TERSENGAT UBUR – UBUR

1. Cuci bagian yang cedera dengan air laut, jangan air tawar karena bisa menyebabkan sengatan bertambah sakit.
2. Saat mencuci waktu membersihkan area yang terkena sengatan jangan menggunakan tangan telanjang, karena terkadang ubur-ubur meninggalkan sisa tentakel dipermukaan kulit. Gunakan benda dengan permukaan agak keras atau sejenisnya.
3. Bilas atau rendam bagian yang terkena sengatan dengan cuka atau soda selama 15 – 30 menit atau kompres dengan air hangat.
4. Untuk sengatan di mulut, campur ¼ cangkir cuka dengan secangkir air ¾ air, kumur-kumur lalu buang airnya jangan ditelan.

SEGERA RUJUK KE RUMAH SAKIT TERDEKAT JIKA 

- Korban mengalami kesulitan bernafas, kesulitan menelan atau rasa nyeri di dada
- Jika terkena sengatan di mulut, sehingga mengalami perubahan suara dan kesulitan menelan, atau lidah dan bibir membengkak
- Yang terkena sengatan masih sangat muda atau tua
- Jika sengatan terjadi dalam area yang sangat luas dari tubuh, wajah atau alat kelamin.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN DARURAT SAAT TERSENGAT UBUR – UBUR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.