Laman

TINDAKAN DARURAT SAAT KESELEO ATAU TERKILIR


Keseleo atau terkilir dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu, ringan, sedang dan parah. Terkilir tingkat ringan dan sedang dapat pulih dengan sendirinya. Terkilir biasa terjadi karena gerakan fisik yang tidak tepat bisa juga terjadi saat anda mengangkat beban yang bobotnya melebihi kemampuan anda atau anda korban sleding. Gejala umum yang sering terjadi saat anggota tubuh terkilir adalah terasa sakit dan adanya pembengkakan pada persendian, terjadi perubahan warna pada kulit disekitar cedera seperti kebiru-biruan, biasanya disertai demam akibat nyeri.

TINDAKAN DARURAT SAAT KESELEO ATAU TERKILIR

1. Berhenti beraktifitas dan istirahatkan otot anda yang terkilir, ini membantu untuk membuat otot tidak berkontraksi karena kontraksi bisa membuat kondisi luka pada ligament melebar.

2. Kompres bagian yang terkilir dengan air dingin atau es batu yang dibalut kain dengan durasi 2 menit angkat 30 detik kompres lagi 2 menit berulang selama 10 menit. Paparan es lebih dari 3 menit bisa mengiritasi kulit.

3. Balut bagian yang cedera dengan perban elastis untuk membatasi pembengkakan.

4. Pada saat duduk atau tidur sebaiknya bagian yang cedera ditinggikan agar tidak terjadi pembengkakan tetapi jangan sampai membuat otot tegang karena proses penyembuhan membutuhkan otot tetap rileks.

Jika dalam waktu dua atau tiga hari bagian yang cedera tidak berangsur pulih malah nyeri dan bengkak semakin parah atau muncul tanda – tanda infeksi segera ke dokter.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN DARURAT SAAT KESELEO ATAU TERKILIR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.