Laman

TINDAKAN DARURAT PADA PERDARAHAN LUAR


Perdarahan luar adalah perdarahan yang terjadi pada bagian tubuh yang disertai cedera pada kulit. Cedera kulit bisa terjadi karena berbagai sebab seperti tergores, tersayat, tertusuk  dan sebagainya. Perdarahan itu sendiri terjadi karena akibat rusaknya pembuluh darah. Pada perdarahan besar bisa menyebabkan syok, yaitu kondisi saat beberapa sel dan alat dalam tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang mengandung oksigen.

Kalau dilihat dari jenis pembuluh darah, maka perdarahan luar dibedakan menjadi :

Perdarahan arteri, darah yang keluar akan menyembur sesuai denyut nadi, warna darah biasa merah terang karena masih mengandung banyak oksigen.

Perdarahan vena, darah yang keluar akan mengalir, warna darah merah gelap karena mengandung carbondioksida

Perdarahan kapiler, darah yang keluar akan merembes. Perdarahan sangat kecil hingga hampir tak memiliki tekanan. Warna darah bervariasi antara merah terang dan merah gelap.

TINDAKAN DARURAT PADA PERDARAHAN RINGAN DAN TERKENDALI

1. Cari penutup luka lalu gunakan tekanan langsung dengan penutup luka
2. Tekan terus hingga perdarahan terkendali.
3. Pertahankan penutup luka dan pembalut.
4. Sebaiknya jangan melepaskan penutup luka atau pembalut yang pertama.

TIDAKAN DARURAT PADA PERDARAHAN BESAR

1. Jangan buang waktu untuk mencari penutup luka
2. Baringkan korban agar tidak jatuh pingsan, tekan luka langsung dengan jari atau telapak tangan (sebaiknya menggunakan sarung tangan atau bahan lainnya).
3. Bila perdarahan tidak berhenti, tinggikan anggota tubuh yang cedera (hanya pada alat gerak) sampai melebihi tinggi jantung untuk mengurangi kekurangan darah.
4. Pasang pembalut untuk menekan luka.
5. Jangan pindahkan korban jika tidak memiliki pengetahuan tentang pemindahan korban. Singkirkan benda-benda yang berbahaya disekitar korban.

Penting untuk diperhatikan adalah jika korban mengalami perdarahan akibat tertusuk benda tajam, jangan pernah mencabut benda tersebut dari tubuh korban, karena dikhawatirkan ketika benda tersebut dicabut akan membuat perdarahan semakin parah dan cedera semakin bertambah, sebaiknya lakukan pembalutan disekeliling benda yang menancap. Penggunaan torniket untuk menghentikan perdarahan hanya boleh dilakukan jika tak ada cara lain untuk menghentikan perdarahan, torniket harus digunakan sedekat mungkin dengan titik perdarahan. Jangan memberikan makanan atau minuman pada korban, rawat cedera berat lainnya bila ada. Lalu rujuk ke rumah sakit terdekat.

Orang dewasa biasa memiliki darah antara 5 sampai dengan 6,5 liter. Kehilangan darah 1,7 liter saja jelas akan menimbulkan bahaya. Berpikir cepat dan gunakan apa saja yang ada disekitar lokasi untuk membantu korban adalah langkah terbaik. 

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN DARURAT PADA PERDARAHAN LUAR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.