Laman

TENDA DOME YANG SESUAI UNTUK MENDAKI GUNUNG


Tenda tergolong perlengkapan kelompok yang paling utama yang harus disediakan saat akan melakukan kegiatan di alam bebas seperti mendaki atau camping, tenda adalah pelindung utama dari terpaan cuaca dingin, hujan atau panas saat mendaki oleh karena itu dalam memilih tenda haruslah benar – benar baik agar nyaman saat dipakai dan tahan lama. Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam memilih tenda yang baik dan benar agar sesuai dengan kebutuhan anda, diantaranya adalah :

UKURAN TENDA

Saat pertama kali ingin membeli tenda pertanyaan pertama yang muncul adalah ukuran tenda atau kapasitas tenda, tentukan dulu ingin membeli tenda untuk kapasitas berapa orang. Syukur – syukur anda bisa membelinya secara pribadi, maklum saja harga tenda lumayan mahal. Bagi sebagian pendaki karena tenda akan digunakan secara bersama – sama maka dibeli secara patungan.

JENIS TENDA

Walaupun ada beberapa jenis tenda tetapi menurut penulis tenda terbaik untuk camping adalah jenis tenda dome, saat ini tenda memiliki system 2 pelapis perlindungan, yaitu bagian dalam terbuat dari jarring untuk pernafasan juga anti serangga dan lapisan kedua terluar adalah bahan waterproof. Prinsip tersebut untuk mengatasi faktor kondensi yang dihasilkan oleh tubuh dan kegiatan memasak.

BERAT TENDA

Tenda memang lumayan berat dan cukup menguras tempat didalam carrier apalagi untuk kapasitas yang besar. Hal ini karena pada tenda dome terdiri dari beberapa layer, frame dan pasak yang terbuat dari aluminium agar kekuatannya optimal. Walaupun memang lumayan berat tetapi carilah berat tenda yang masuk akal dengan dimensi yang kecil setelah dikemas.

WARNA TENDA

Warna tenda juga perlu jadi perhatian, salah satu fungsinya agar lebih mudah menandai mana tenda anda, selain itu warna tenda juga bisa menjadi signaling yang bagus dari kejauhan, anda akan mudah melihat lokasi tenda walau dari kejauhan. Pilihlah warna tenda yang terang atau kontras dengan alam, jangan memilih warna gelap seperti hitam, coklat dll kecuali untuk keperluan tertentu seperti penelitian agar bisa menyatu dengan hewan liar.

PERHATIKAN DETAIL TENDA

Periksa semua komponen tenda jangan ada yang cacat seperti detail jahitan, resleting dan bagian lainnya pada tenda. Mintalah agar tenda di dirikan terlebih dahulu agar lebih jelas dalam melihat detailnya. Terakhir mintalah garansi, jika ada.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TENDA DOME YANG SESUAI UNTUK MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.