Laman

SEPATU GUNUNG YANG PALING TEPAT UNTUK MENDAKI GUNUNG


Sepatu merupakan perlengkapan mendaki yang juga sangat penting, kesalahan dalam memilih jenis sepatu bisa membuat anda sangat tidak nyaman mendaki bahkan bisa mebuat kaki terluka. Sepatu gunung memiliki disain yang lebih kokoh dan kuat dari pada sepatu sport atau sepatu untuk jalan datar biasa. Saat ini banyak sekali sepatu gunung dengan berbagai merek dan kelebihan oleh sebab itu pinter  -pinterlah memilih sepatu yang paling sesuai.

Sebelumnya anda harus tahu dulu bagian – bagian dari sepatu, dengan mengetahui bagian dan fungsi masing – masing bagian tersebut anda akan lebih jeli dalam menilai sepatu.

Outsole : bagian yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah, fungsinya adalah memberikan traksi antara kaki dan permukaan tanah,batu dll.

Insole :  bagian yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki. Insole yang nyaman akan membuat kaki juga makin terasa nyaman untuk memijak.

Midsole : bagian ini terletak antara Outsole dan Insole. Berfungsi sebagai peredam antara kaki dengan permukaan bidang yang akan dilalui.

Padding engkel : bagian yang persis mengenai engkel kaki, berguna untuk melindungi engkel kaki.

Lidah Sepatu : bagian ini berguna untuk melindungi kaki bagian atas.

Upper : bagian yang melindungi permukaan kaki termasuk bagian engkel kaki. Khusus untuk sepatu yang waterproof, bagian ini adalah yang membuat sepatu gunung menjadi anti air.

Rubber toe bumper : bagian terdepan dari sepatu, tepatnya di jari-jari kaki. Fungsinya melindungi dan meredam ujung kaki dari dampak terkena benturan batu atau benda keras lain.

Backstray : fungsinya melindungi tendon achiles belakang kaki dan melindungi jahitan sepatu bagian belakang yang memungkinkan friksi karena terkena batuan atau benda keraslainya.

Untuk soal kekuatan, sepatu gunung rata-rata di disain memang harus kuat mengingat beratnya medan yang akan dilalui, apalagi sepatu dengan brand yang sudah cukup terkenal. Jadi pertimbangan utama dalam memilih sepatu gunung sebenarnya adalah soal kenyamanan. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih sepatu.

MEMILIKI SOL MEDIUM

Outsole atau sol sepatu, untuk ukuran medan pendakian di Indonesia sol dengan tingkat kekerasan medium adalah yang paling disarankan. Soft sol sangat bagus digunakan di permukaan yang keras seperti bebatuan dan hard sol baik digunakan di tanah becek. Tetapi untuk ukuran jalur pendakian di gunung – gunung Indonesia kombinasi dari jalur bebatuan keras, tanah lembek sampai berlumut menjadikan medium sol pilihan yang terbaik. Untuk bahan terbaik adalah dari karet atau sintetis dengan permukaan sol bergerigi atau tidak mudah terpeleset.

SEPATU BERLEHER TINGGI

Ada 3 jenis leher sepatu yaitu berleher pendek, sedang dan berleher tinggi. Untuk jenis pendakian yang cukup terjal apalagi dalam waktu yang lama pilihan terbaik adalah sepatu berleher tinggi karena akan melindungi mata kaki dan kaki secara keseluruhan dari cedera. Sepatu leher pendek tidak melindungi mata kaki tetapi masih nyaman digunakan untuk olahraga outdoor atau pendakian – pendakian ringan yang tidak begitu terjal. Sedangkan sepatu dengan leher sedang tidak melindungi mata kaki secara keseluruhan, sudah bagus tetapi masih bisa menyebabkan kaki cedera pada jalur yang cukup terjal.

WATERPROOF

Kaki yang basah karena rembesan dari sepatu tentu membuat kaki bahkan kondisi badan jadi tidak nyaman apalagi anda harus berjalan seharian dalam kondisi tersebut dan kondisi ini bisa membuat resiko cedera semakin besar. Menjaga kaki tetap kering sangat penting salah satunya bisa mencegah hipotermia saat mendaki di cuaca sedang sangat dingin. Oleh karena itu sebaiknya pilih sepatu yang sudah waterproof.

LEBIHKAN SATU NOMOR UKURAN

Sebaiknya lebihkan satu nomor dari ukuran sepatu yang biasa anda pakai, misalnya ukuran sepatu anda 40 maka untuk sepatu gunung sebaiknya 41, hal ini berfungsi untuk tetap membuat ujung jari kaki dan tumit tetap nyama saat melalui medan tanjakan atau turunan yang terus menerus. Dengan melebihkan satu ukuran akan mengurangi dampak sentuhan langsung ujung jari dengan ujung sepatu yang membuat ujung jari kaki anda sakit.

BOBOTNYA CUKUP RINGAN

Mungkin diawal-awal anda masih cukup nyaman menggunakan sepatu yang sebenarnya cukup berat, tetapi akan terasa tidak nyaman bahkan sangat menggangu saat anda mulai menanjak dengan medan terjal. Oleh sebab itu pilihlah sepatu yang memiliki bobot cukup ringan.

Demikianlah 5 hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu gunung, singkatnya poin yang perlu anda ingat saat sedang menerawang sepatu adalah :

1. SOL SEPATU MEDIUM
2. BERLEHER TINGGI
3. WATERPROOF
4. LEBIHKAN SATU NOMOR
5. BOBOTNYA CUKUP RINGAN

Kecuali jenis sepatu untuk kebutuhan di medan khusus mungkin akan berbeda pertimbangannya.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel SEPATU GUNUNG YANG PALING TEPAT UNTUK MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.