Laman

PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG YANG PALING PREORITAS UNTUK DIBAWA SAAT MENDAKI


Saat mendaki gunung ada beberapa peralatan yang harus dibawa, semua peralatan tersebut tentunya digunakan agar anda siap menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi sehingga pendakian bisa berjalan sesuai target yang direncanakan. Gunung bukan tempat rekreasi tanpa persiapan yang matang gunung bisa membunuhmu, oleh karena itu persiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Mempersiapkan perlengkapan saat mendaki gunung juga mengajarkan anda untuk komitmet terhadap keputusan yang anda buat.

Misalnya saat masih dibawah teman – teman anda akan mendaki menggunakan sepatu gunung sementara anda cukup percaya diri hanya menggunakan sandal gunung. Oke kalau perjalanan aman lancar tanpa kendala, tetapi kalau terjadi hal-hal yang tidak dinginkan dengan kaki anda tentu ini sangat disayangkan dan yang paling apes adalah teman-teman lain yang ikut terhambat dan harus mendengar semua keluhan anda cuma gara-gara keputusan anda menyepelekan menggunakan sepatu saat masih dibawah.

Oleh karena itu jangan mengangap remeh perlengkapan saat mendaki tetapi jangan pula berlebihan dalam membawa peralatan, utamakan peralatan yang memang benar-benar akan digunakan saja. Peralatan mendaki itu terbagi dua yaitu peralatan perorangan seperti pakayan, sleeping bag dll dan peralatan kelompok seperti tenda, peralatan masak dll. Berikut ini beberapa peralatan pribadi paling preoritas menurut penulis yang harus bawa saat mendaki :

JAKET

Sangat terasa deritanya ketika diserang cuaca dingin di gunung baik dalam diperjalanan atau saat beraktifitas di camp site. Jaket menurut penulis menjadi preoritas paling utama. Sebaiknya gunakan jaket water proof atau tahan air, jaket water proof berbeda dengan jas hujan. Jaket berfungsi untuk menjaga suhu tubuh sehingga sangat berguna untuk menimimalisir kemungkinan terserang hipotermia.

SEPATU

Setelah jaket penggunaan sepatu menjadi preoritas selanjutnya, sepatu tidak hanya berguna sebagai pelindung tapak kaki dari medan terjal saat mendaki, sepatu juga berfungsi untuk mengamankan kaki dari gigitan hewan kecil berbisa dalam perjalanan. Penggunaan sepatu yang tepat sangat berpengaruh pada lancarnya perjalanan. Medan tanjakan dan turunan jelas sangat menyiksa kaki, oleh karena itu untuk mendaki sebaiknya jangan gunakan sepatu yang tidak nyaman dalam waktu yang lama karena medan yang berat bisa melukai kaki anda. 

SLEEPING BAG

Preoritas selanjutnya adalah Sleeping bag atau kantung tidur yang perlu di bawa saat mendaki. Pilih sleeping bag sesuai ukuran anda jangan terlalu besar ataupun sebaliknya. Saat tidur tubuh lebih gampang diserang suhu dingin karena tubuh tidak beraktifitas seperti biasa dan sleeping bag sangat efektif untuk menangkal hal tersebut. Sleeping bag juga kerap digunakan untuk mengatasi hipotermia pada pendaki.

Bagi penulis pribadi hanya dengan 3 jenis perlengkapan diatas sudah cukup percaya diri saat diajak mendaki dengan catatan; peralatan kelompok, logistic, atau peralatan lainnya sudah ditanggung beres oleh anggota yang lain. Namun demikian sebenarnya ada 2 jenis peralatan lagi yang wajib dibawa walaupun sangat dihindari penggunaannya yaitu :

FIRST AID KIT

Bisa berupa kotak kecil atau tas kecil yang berisi obat-obatan pribadi dan obat – obatan darurat untuk cedera umum yang mungkin terjadi saat digunung. Obat – obatan pribadi adalah obat- obatan untuk penyakit yang sudah anda derita yang sewaktu-waktu bisa saja kambuh seperti misalnya anda menderita asam lambung atau asma maka obat – obatan untuk penyakit tersebut wajib dibawa. Kedua adalah obat – obatan darurat (P3K) juga sangat penting seperti obat luka berdarah, antibiotic dan lain sebagainya. 

SURVIVAL KIT

Dari pada first aid kit, penggunaan survival kit adalah yang paling tidak diinginkan oleh para pendaki hal ini karena jika sudah digunakan berarti anda sudah tersesat atau kalaupun tidak anda pasti sudah dalam keadaan darurat. Seperti yang sudah diterangkan diatas, walau dihindari penggunaannya tetapi kedua perlengkapan tersebut wajib dibawa saat mendaki karena anda tak akan pernah tau situasi terburuk apa yang bisa saja menimpa anda saat digunung.  

Sebenarnya kalau mau di urut ada banyak sekali peralatan mendaki misalnya untuk perlengkapan pribadi mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki belum lagi logistic dan juga peralatan kelompok. Namun di artikel ini hanya membahas beberapa peralatan paling preoritas versi penulis saja. Untuk perlengkapan secara umum yang harus dibawa saat mendaki akan dibahas di artikel yang lain.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG YANG PALING PREORITAS UNTUK DIBAWA SAAT MENDAKI ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.