Laman

MEMILIH SENTER YANG TEPAT UNTUK PARA PETUALANG


Salah satu sumber cahaya praktis yang kita punya saat berada di alam bebas adalah senter, senter sangat bermanfaat selain untuk penerangan senter juga digunakan untuk signaling dalam kondisi darurat. Oleh karena itu wajar saja kalau senter juga termasuk dalam salah satu perlengkapan dalam survival kit. Saat ini banyak sekali jenis senter yang ada dipasaran dengan berbagai merek dan keunggulan. Mulai dari senter emergency, medis, penyelam juga untuk para petualang memiliki senter yang sesuai dengan kegiatan mereka.

Untuk para petualang ada beberapa tips dalam memilih senter yang paling sesuai kebutuhan, diantaranya adalah :

TENTUKAN JENIS SENTER

Ada dua jenis senter yaitu senter yang dipegang pakai tangan atau yang digantung dikepala (headlhamp). Kedua jenis senter tersebut memiliki keunggulan masing – masing tergantung kegunaannya. Untuk anda yang tidak ingin ribet saat menjelajah bisa memilih headlhamp karena lebih leluasa untuk bergerak. Namun untuk saat ini senter yang normalnya dipegang juga sudah bisa di gantung di helm atau ujung senjata dengan menambahkan dudukan diperalatan tersebut.

PILIH BERDASARKAN JENIS BATERAI 

Baterai senter ada yang jenis sekali pakai ada yang bisa di charge ulang, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan, namun untuk kebutuhan camping dalam waktu yang lama disarankan memilih baterai sekali pakai, karena anda tinggal menyiapkan beberapa baterai cadangan untuk menggunakan senter dalam waktu yang lama. Namun ada sebagian pendaki yang memilih senter berdasarkan merek, hal ini juga tak ada yang salah, toh ada harga ada kualitas, selama sesuai dengan kebutuhan.

MULTI FUNGSI

Beberapa jenis senter telah menyediakan fitur – fitur tambahan seperti pengaturan intensitas cahaya, sampai bisa memberi sinyal SOS. Selain itu pertimbangan merek juga sangat berpengaruh terhadap kualias, namun merek terbaik biasanya berbanding lurus dengan harga yang akan dikeluarkan.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MEMILIH SENTER YANG TEPAT UNTUK PARA PETUALANG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.