Laman

JENIS - JENIS JAKET UNTUK MENDAKI GUNUNG


Saat ini ada beberapa pilihan jaket yang bisa anda temukan dipasaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan, bagi anda yang menyukai kegiatan di alam bebas sangat disarankan untuk memiliki atau memilih jaket yang paling sesuai dengan kegiatana anda. Berdasarkan bahannya ada 3 jenis jaket yang perlu diketahui diantaranya adalah :

WARM UP

Jaket jenis ini berfungsi untuk mempertahankan panas tubuh agar tidak banyak keluar, untuk jenis bahannya terbuat dari bahan polar jadi biasa disebut juga jaket polar, jaket ini sangat cocok dipakai untuk pendakian pada musim kemarau. Saat musim kemarau biasanya suhu udara lebih dingin daripada musim hujan hal ini karena pada musim kemarau jumlah air di daratan berkurang sehingga daya yang bisa dipantulkan juga sedikit oleh karenanya pada musim kemarau biasanya menjadi lebih dingin. Bahan polar ini biasanya juga diaplikasikan di jenis jaket water proof untuk sirkulasi udara saat musim hujan.

WINDPROOF

Jaket anti angin ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan traveling atau berkendara, tetapi hanya untuk musim kemarau saja, ciri jaket ini adalah jika bahannya anda gesekan terasa licin. Perbedaan jaket windproof dengan waterproof adalah di seemsheeld atau perisai jahitan, biasanya pada jaket jenis windproof di jahitan sambungan bahan atau resleting tidak terdapat seemsheeld.

WATERPROOF

Semakin tinggi sifat waterproof pada sebuah jaket semakin tinggi juga sifat windproofnya artinya jaket waterproof sudah pasti bersifat windproof tetapi berbanding terbalik dengan sifat dalam melepas panas tubuh. Oleh karena itu pemilihan jaket waterproof dengan system breadhable (system keluar masuk udara) yang baik juga menjadi pertimbangan yang sangat penting. Untuk jaket jenis waterproof saat ini banyak dibuat menggunakan teknologi Gore-tex, yaitu sebuah teknologi bahan yang anti air, kedap udara tetapi tetap bisa mengalirkan panas jaket keluar.

Bahan goretex terbagi tiga yaitu :

Gore-tex Standar : Cocok untuk aktifitas sehari-hari seperti berkendara dan bisa melindungimu dari air dan angin pada  musim hujan

Gore-tex Active : Sangat sesuai digunakan untuk aktifitas yang lebih ektrim seperti mendaki gunung, jenis ini disain bahannya lebih kuat dari gore-tex standar sehingga cocok digunakan untuk medaki di musim hujan.

Gore-tex Pro : Untuk pendakian dengan cuaca yang extreme seperti puncak cartenz jaket jenis ini adalah yang paling sesuai, desainnya lebih kuat berkali-lipat sehingga lebih tahan air, angin dan lebih awet.

CARA MENCUCI JAKET WATERPROOF DENGAN BENAR

Mencuci jaket berbahan gore-tex memerlukan perlakuan khusus mengingat kesalahan dalam mencuci bisa berpengaruh terhadap daya tahannya terhadap air. Jaket jenis ini jangan dicuci menggunakan deterjen atau apapun yang mengadung soda sebaiknya menggunakan air saja. Kalau ada bagian yang kotor sebaiknya bersihkan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut di bagian yang kotor saja. Cukup demikian dan jangan berlebihan. Menjemurnya juga tidak perlu terkena matahari langsung ini karena sifatnya yang tidak menyerap air jadi cukup di angin-anginkan saja ditempat yang teduh. Jika sudah kering sebaiknya jangan dilipat tetapi digantung menggunakan hanger.

Jaket gak mesti dicuci tiap kali habis melakukan pendakian cukup bersihkan saja bagian yang kotor, jangan terlalu rajin mencuci jaket. Kalau jaket rada bau itu wajar lagipula tiap jaket baunya berbeda khas bau pemiliknya, selama pemiliknya masih nyaman anggap saja bau jaket sebagai terapi yang membuat  tidur mudah terlelap jadi gak perlu dicuci.

PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel JENIS - JENIS JAKET UNTUK MENDAKI GUNUNG ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.