Laman

CARA BAB (BOKER) YANG BENAR SAAT DI ALAM BEBAS


Bagi anda yang belum terbiasa bab atau buang hajat di alam liar mungkin akan merasa risih atau malah akan berusaha semampunya agar tidak bab saat mendaki, bagi sebagian orang mungkin bisa kalau waktu pendakiannya hanya 1 atau 2 hari saja tetapi bagaimana kalau lebih lama dari itu apalagi bagi orang yang waktu bab nya teratur misalnya sehari 1 atau 2 kali pasti akan kesulitan.  Tetapi percayalah saat ‘rasa’ itu datang apalagi sudah di ujung jangankan risih mungkin malupun tak ada lagi yang penting bisa bab.

Sebenarnya yang dibutuhkan saat akan bab di alam bebas seperti saat anda mendaki gunung adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan serta yang terpenting juga mengetahui etika saat akan bab.

ETIKA SAAT AKAN BAB DI ALAM BEBAS

- Jauh dari jalur pendakian, saat berada di jalur walau sudah kebelet ingin segera nge-boom carilah tempat yang aman dan jauh dari jangkauan pendaki lain, karena ‘ranjau’ yang anda tinggalkan akan sangat mengganggu. Apalagi saat asyik-asyiknya jongkok tiba-tiba kelihatan oleh rombongan pendaki lain.

- Jauh dari sumber air, walaupun air adalah lokasi yang paling ideal untuk bab tetapi air juga sumber kehidupan bagi pendaki lainnya, jangan dicemari carilah lokasi lain yang jauh dari sumber air. 

- Jauh dari camping ground, etika yang satu ini sudah pasti akan anda patuhi kecuali tak punya malu dengan pendaki lain saat ‘ranjau’ anda terlihat apalagi terinjak oleh pendaki lain. Bagaimana saat anda ingin bab ditengah malam buta, mungkin akan berbeda. Tetapi walaupun anda merasa lebih aman bab dekat dengan camping ground saat malam buta tetap saja hal itu jangan dilakukan tetaplah cari lokasi yang jauh, caranya ajaknya seorang teman untuk berjaga-jaga.

Saat di alam bebas hal yang paling membedakan ketika ingin bab adalah ketersediaan jumlah air, oleh karena itu peralatan bab dihutan umumnya dikondisikan tidak disertakan air.

PERALATAN YANG PERLU DIBAWA SAAT INGIN BAB DI ALAM BEBAS

- Sekop, atau bisa diganti dengan batang kayu digunakan untuk menggali lubang di tanah
- Tisu, boleh tisu kering ataupun basah
- Hand sanitizer untuk mensterilkan tangan anda dari kuman

CARA BAB SAAT BERADA DI ALAM BEBAS

1. Cari lokasi yang tidak melanggar etika dan aman, usahakan anda tetap terlihat oleh teman apalagi kalau bab malam hari.
2. Buat lubang sedalam yang dibutuhkan
3. Setelah bab, tanam dan pastikan tidak mengeluarkan bau

Sebenarnya untuk lebih maksimal, sebisa mungkin sediakan air meskipun hanya satu botol minuman mineral ukuran sedang, karena bagaimanapun lebih dulu mencuci dengan air walau seadanya setelah itu baru menggunakan tisu adalah lebih baik. Untuk area yang agak terbuka menggunakan matras sebagai penutup mungkin bisa jadi pertimbangan. Pelajari medan pendakian juga perlu karena cara-cara diatas mungkin tidak begitu sesuai jika diterapkan di area yang lapang, keras berbatu, gurun, pantai dan sebagainya. Dengan mengetahui medan pendakian anda akan bisa menyesuaikan peralatan yang dibutuhkan.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA BAB (BOKER) YANG BENAR SAAT DI ALAM BEBAS ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.