Laman

PENANGANAN DARURAT SAAT KERACUNAN MAKANAN


Keracunan adalah masuknya suatu zat kedalam tubuh yang dapat menggangu kesehatan bahkan menyebabkan kematian. Zat tersebut bisa berupa padat, cair atau gas. Untuk yang sering berkegiatan dialam bebas mungkin keracunan zat padat yaitu dari makanan paling sering terjadi biasanya akibat dari keterbatasan pengetahuan tentang makanan yang tersedia di alam bebas. Seseorang bisa dicurigai keracunan bila yang awalnya sehat tiba-tiba mendadak sakit.

Penanganan darurat untuk korban keracunan sangatlah variatif tergantung jenis racunnya, namun prinsip utama penanganan darurat saat keracunan adalah “mencegah atau menghentikan penyerapan racun”.

Untuk racun yang tertelan prinsipnya cuma dua yaitu :

1. Mengencerkan racun yang ada didalam lambung sekaligus menghalangi penyerapannya dengan cara memberikan cairan dalam jumlah banyak. Cairan tersebut bisa berupa air putih biasa ataupun susu. Pengenceran tidak boleh dilakukan untuk korban yang tertelan kamper.

2. Usahakan untuk dimuntahkan (emesis), tindakan ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan jari ke dalam kerongkongan atau suruh korban untuk berbaring tengkurap dengan kepala lebih rendah dari dada. Emesis tidak boleh dilakukan untuk korban keracunan yang bersifat korosif misalnya asam atau basa keras.

PENANGANAN DARURAT PADA KORBAN KERACUNAN MAKANAN 

Gejala yang biasa timbul barupa mual, muntah, diare, nyeri perut, sakit kepala, demam, dehidrasi, dapat menyerupai disentri. Penanganan darurat yang dapat anda berikan sebagai penolong pertama adalah :

1. Korban dirangsang agar muntah
2. Beri minum yang banyak
3. Segera bawa ke rumah sakit.

(Amanita Muscaria)

Banyak sekali jenis jamur beracun yang ada di alam dengan gejala keracunan yang berbeda-beda tergantung tingkat racun yang terkandung didalamnya, salah satunya adalah jamur Amanita Muscaria paling sering mengadung racun, efeknya akan muncul beberapa menit sampai dua jam setelah makan jamur beracun tersebut. Gejalanya yaitu sakit perut hebat, muntah, mencret, rasa haus, banyak berkeringat, kekacauan mental dan pingsan.

PENANGANAN DARURAT PADA KORBAN KERACUNAN JAMUR

1. Rangsang si korban untuk muntah
2. Bilas lambung dengan larutan encer Kalium Permanganat (1 gram Kalium Permanganat dalam 2 liter air) atau dengan meminum puith telur dicampur susu.
3. Bila ada gangguan pernafasan berikan pernafasan buatan.
4. Setelah itu bawa korban ke rumah sakit.


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT SAAT KERACUNAN MAKANAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.