Laman

PENANGANAN DARURAT PADA LUKA TERTUSUK PAKU BERKARAT


Luka tertusuk paku, kawat atau benda apapun yang berkarat sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang disebut Tetanus. Jadi jangan anggap remeh luka tertusuk paku jika anda tertusuk benda berkarat seperti paku segera tangani secara medis jangan tunggu sampai besok untuk benar-benar mengobatinya. Tetanus sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika terlambat dalam penanganannya.

BAHAYA TETANUS

Tetanus adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri Clostridium Tetani yang melepaskan toksin atau racun kedalam darah sipenderita dan paku adalah salah satu perantaranya. Bakteri ini biasa terdapat di tanah dan kotoran hewan dan senang hidup di luka yang tertutup.  Saat bakteri ini masuk ke dalam tubuh gejalanya akan muncul dalam 2 hari sampai dengan 50 hari. Gejala awal berupa demam atau kekakuan otot terutama otot rahang. Penderita tetanus biasa sulit membuka mulut, kekakuan kemudian berlanjut ke leher, bahu, perut, punggung dan anggota gerak lainnya. Selain itu juga disertai kejang dan tak sadarkan diri. Penderita tetanus biasanya sensitive terhadap rangsangan baik itu suara ataupun cahaya, sehingga saat dirawat dirumah sakit biasanya ditempatkan di ruangan khusus yang terisolasi.

PENANGANAN DARURAT PADA LUKA TERTUSUK PAKU BERKARAT

1. Keep Calm dan cabut paku dengan perlahan agar luka tidak bertambah serius.
2. Jika terjadi pendarahan, segera hentikan yaitu dengan menekan perlahan dengan kasa atau kain bersih beberapa menit sampai anda yakin darahnya sudah berhenti.
3. Selanjutnya bersihkan luka dengan hati-hati, kalau tidak terlalu dalam anda bisa membersihkan sendiri terutama dari bekas karat terlinggal yang tampak jelas.
4. Cuci luka dengan air bersih yang mengalir setelah bersih lalu keringkan bisa menggunakan handuk atau kain.
5. Obati luka dengan memberikan antiseptic seperti alcohol 70 persen atau betadine untuk menghambat perkembangan dijaringan hidup.
6. Jangan tutup luka dengan sangat rapat sehingga sirkulasi udara terganggu atau biarkan luka tetap terbuka hal ini untuk memperlambat pertumbuhan bakteri tetanus jika ada.
7. Segera bawa si penderita ke rumah sakit untuk mendapat tindakan lebih lanjut.

Penting untuk diketahui serum anti tetanus hanya bermanfaat bila diberikan 8 jam setelah kejadian, dan menyiram luka dengan air bersih, air panas, betadine, alcohol atau menabur antibiotic disekitar luka tidak akan bisa mencegah infeksi oleh kuman tetanus, oleh karena itu segera membawa si penderita ke rumah sakit terdekat sangatlah penting agar pengobatan bisa optimal, lagipula suntik anti tetanus bisa mencegah tetanus selama 8 sampai 10 tahun.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT PADA LUKA TERTUSUK PAKU BERKARAT ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.