Laman

PENANGANAN DARURAT PADA LUKA MEMAR


Luka akibat terbentur benda keras sangat mungkin terjadi bagi anda yang sering berkegiatan dialam bebas, apakah anda seorang pendaki gunung, pemanjat tebing dan lain sebagainya. Saat terbentur benda keras tumpul seperti bebatuan kulit akan mengalami memar. Memar adalah kondisi pecahnya beberapa pembuluh darah dibawah permukaan kulit yang mengakibatkan perubahan warna dan pembengkakan pada kulit karena ada rembesan darah kedalam jaringan.

Gejala akibat memar biasanya adalah kulit akan kemerah-merahan lalu berubah warna menjadi biru atau kehijau - hijauan terkadang timbul bengkak dan benjolan. Perubahan warna pada kulit tersebut merupakan bagian dari proses penyembuhan memar itu sendiri. Untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka memar anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

PENANGANAN DARURAT PADA LUKA MEMAR

1. Segera kompres menggunakan air dingin atau es yang balut kain di sekitar bagian yang memar selama yang diperlukan, kompres dingin ini membuat pembuluh darah mengecil sehingga akan menekan terjadinya pendarahan dibawah pembuluh darah dan juga pembengkakan. Jadi bukan memberi kompres hangat sesaat terjadinya benturan.

2. Setelah 24 jam barulah anda bisa mengkompres dengan air hangat atau balsem dan sejenisnya untuk membantu penyembuhan luka memar. Dengan memberikan kompres hangat akan membuka pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah sehingga mempercepat proses penyembuhan memar.

3. Untuk memar yang terjadi di kaki atau di tangan angkat bagian tersebut dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah lokal.

4. Amati perkembangannya jika bertambah parah dan semakin terasa sakit tak tertahankan, segera bawa ke rumah sakit ada kemungkinan si korban mengalami luka lainnya.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENANGANAN DARURAT PADA LUKA MEMAR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.