Laman

CARA MENGELUARKAN SERANGGA YANG MASUK KEDALAM TELINGA


Sebagai indra untuk mendengar telinga merupakan salah satu organ yang paling sensitif, oleh karena itu jika ada benda asing yang masuk ke dalam saluran telinga bisa berakibat fatal, selain menyumbat telinga hal ini juga bisa mengakibatkan iritasi serta gangguan pendengaran. Salah satu benda asing yang sering masuk kedalam telinga adalah serangga. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindari hal tersebut misalnya, jangan terlalu sering membersihkan kotoran telinga, karena zat lilin dalam telinga bisa berfungsi untuk menghalau serangga yang akan masuk lebih dalam lagi pula tidak dibersihkanpun akan mengering dan mengelupas sendiri, jangan meletakkan makanan dekat dengan tempat tidur dan selalu jaga kebersihan tempat tidur.

CARA MENGELUARKAN SERANGGA YANG MASUK KE DALAM TELINGA

1. Gunakan senter dengan cara mengarahkan cahayanya ke dalam telinga, hal ini membantu serangga menemukan jalan keluar karena didalam telinga gelap. Dengan adanya cahaya diharapkan serangga akan mengikuti arah cahaya tersebut dan dapat keluar.

2. Jika cara pertama tidak berhasil, maka coba miringkan kepala sehingga telinga yang kemasukan serangga menghadap ke atas. Tuangkan sedikit minyak mineral seperti minyak zaitun atau baby oil hangat ke dalam telinga. Sambil menuangkan minyak anda bisa meluruskan telinga dengan cara di tarik ke belakang dan ke atas serangga akan mati lemas, lalu miringkan telinga kearah yang berlawanan untuk mengeluarkan minyak atau baby oil tadi bersama serangganya.

3. Jangan menggunakan minyak untuk mengeluarkan benda asing selain serangga. Jangan juga menerapkan metode ini jika ada indikasi gendang telinga berlubang, yaitu seperti ada rasa nyeri, pendarahan, atau keluarnya cairan dari telinga.

4. Jika cara kedua juga tidak berhasil segera ke dokter.

Penting untuk diperhatikan jangan menggunakan jari tangan, connton bud, piset atau air karena bisa membuat serangga semakin terdorong ke dalam. Kecuali serangga belum begitu masuk kedalam dan berukuran kecil mungkin masih bisa di keluarkan dengan penjepit atau pinset. Jangan memaksa kalau memang kesulitan mengeluarkan serangga tersebut lebih baik segera ke rumah sakit.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA MENGELUARKAN SERANGGA YANG MASUK KEDALAM TELINGA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.