Laman

CARA MENGELUARKAN BENDA ASING DI MATA


Saat berada di luar ruangan atau diatas kendaraan ada kalanya mata bisa kemasukan partikel-partikel kecil yang sangat mengganggu dan bahkan bisa merusak mata, mengingat mata adalah salah satu organ vital yang berhubungan langsung dengan penglihatan maka penanganannyapun haruslah sangat hati-hati. Mulai dari masuknya debu, pasir sampai benda kasar yang bisa merusak mata.

Salah satu cara untuk menghilangkan partikel asing dimata adalah dengan mengedipkan mata dengan cepat, sebenarnya ini adalah respon alami saat mata kemasukan benda asing. Mengedipkan mata dapat menggerakkan partikel asing serta memicu mengeluarkan air mata untuk membasuhnya keluar. Bisa juga dengan membilas mata yaitu dengan mencelupkan mata anda kedalam wadah yang berisi air lalu buka dan gerakkan mata anda didalam air tersebut atau bisa juga dengan air kran yang mengalir lembut.

Jangan mengucek mata karena tindakan ini sangat berbahaya. Saat partikel terjebak di mata dengan mengucek mata maka partikel akan terjebak dan semakin terdorong ke dalam kelopak mata dan melukai kornea yang disebut abrasi kornea. Jika ini terjadi mata bisa mengalami kerusakan permanen tentu saja ditambah dengan rasa sakit yang berat.

CARA MENGELUARKAN BENDA ASING DI MATA

1. Cuci tangan anda, walau tidak kotor tetapi tangan perlu di cuci saat akan menyentuh mata karena mata rentan terinfeksi saat anda mengeluarkan benda asing tersebut. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih.

2. Cari letak benda tersebut di mata, dengan membuka lebar kelopak mata serta menggerakkan bola mata ke kanan kiri ke atas dan kebawah. Gunakan cermin juga senter atau bantuan teman untuk membantu anda.

3. Keluarkan benda tersebut dengan lembut, anda bisa menggunakan tisu atau connton bud yang sudah dibasahi.

Penting untuk diperhatikan adalah ketika anda tidak berhasil mengeluarkan benda asing tersebut dengan sangat lembut maka berhenti dan segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Beberapa kondisi lain yang mengharuskan anda segera ke dokter adalah :

- Benda asing yang masuk ke mata cukup besar.
- Kesakitan saat mengeluarkan benda asing di mata.
- Penglihatan tidak kembali normal setelah mata di istirahatkan lebih kurang 1 jam.
- Nyeri, kemerahan atau tidak nyaman walau telah mengeluarkan benda asing di mata.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel CARA MENGELUARKAN BENDA ASING DI MATA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.