Laman

TINDAKAN DARURAT UNTUK PENDERITA ASMA


Asma merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan pada saluran pernafasan yang mengarah ke paru-paru, saat serangan asma terjadi otot yang bekerja disaluran paru-paru mengalami ketegangan sehingga mengakibatkan kejang, hal ini menyebabkan saluran udara menjadi sempit sehingga penderita asma menjadi sulit untuk bernafas. Kondisi ini sangat menghawatirkan dan bisa berakibat fatal.

Serangan asma bisa dipicu oleh beberapa sebab seperti elergi, asap rokok atau kondisi tubuh yang sedang lemah. Saat beraktifitas dialam bebas salah satu faktor diatas bisa jadi pemicu serangan asma, oleh karena itu mengenali kemampuan diri serta membawa obat-obatan pribadi sangat penting sebagai tindakan antisipasi. Salah satu obat yang selalu harus dibawa oleh penderita asma adalah Inheler yang bekerja cepat membuka saluran udara yang membengkak yang membatasi pernafasan.

TANDA – TANDA TERSERANG ASMA

1. Kesulitan dalam bernafas dengan periode menghembuskan nafas yang panjang.
2. Terkadang mengeluarkan bunyi saat mengeluarkan nafas.
3. Cemas, kulit wajah pucat dan membiru, jika dibiarkan bisa menyebabkan pingsan.

TIDAKAN DARURAT UNTUK PENDERITA ASMA

1. Jauhkan penderita dari sumber pemicu asma.
2. Kondisikan si penderita agar tetap merasa tenang.
3. Bantu penderita untuk duduk karena duduk lebih nyaman untuk si korban dari pada tidur telentang.
4. Bantu penderita untuk mencari obat inhelernya dan biarkan ia yang menggunakannya sendiri, kecuali si penderita tidak bisa menggunakan sendiri dengan baik anda harus membantunya.
5. Jangan banyak bertanya pada korban karena biasanya korban asma sulit untuk bicara.
6. Amati perkembangan penderita asma, pada beberapa serangan bisa langsung pulih tetapi jika kondisinya menjadi semakin menghawatirkan segera minta bantuan medis. 

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel TINDAKAN DARURAT UNTUK PENDERITA ASMA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.