Laman

PENGGUNAAN MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3) DALAM PANJAT TEBING


Penggunaan bubuk magnesium dalam kegiatan panjat tebing sangatlah penting, karena dapat membuat kerja tangan jadi maksimal. Sekuat apapun genggaman tangan kalau dalam kondisi basah dan licin akan sangat sulit untuk menggenggam terutama untuk pegangan jenis slopper ataupun pinches. Oleh karena itu hampir semua jenis pemanjat dalam panjat tebing menggunakanan bubuk magnesium ini. Penggunaan bubuk ini pertama kali di perkenalkan oleh John Gill seorang pelopor bouldering asal USA yang juga seorang Pesenam/Gymnast yang sudah sering memakai kapur saat latihan dan training.

FUNGSI BUBUK MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3)

Bubuk Magnesium merupakan garam organic yang berbentuk kristal putih, sifat bubuk magnesium dalam panjat tebing adalah menyerap keringat sehingga dapat menjaga telapak tangan agar selalu dalam keadaan kering, saat memanjat telapak tangan akan mudah sekali basah karena berkeringat, keringat ditimbulkan selain karena kelelahan bisa juga karena tingkat stress yang tinggi.

Sebenarnya Magnesium Karbonat (MgCO3) memiliki fungsi lain, selain sebagai pengering telapak tangan dari keringat dalam panjat tebing seperti untuk memutihkan tengkorak dan juga sebagai bahan aditif makanan tentunya dengan komposisi tertentu. Hasil penelitian dari segi kesetahan tak ada efek samping apapun dari penggunaan bubuk ini, kecuali bila terpapar langsung uap magnesium oksida ini yang dihasilkan dari pembakaran, pengelasan atau pencairan logam, akan menimbulkan beberapa keluhan seperti menggigil, mual, muntah samapi demam.

JENIS – JENIS BUBUK MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3) DALAM PANJAT TEBING 

Ada beberapa jenis dan merek Magnesium Karbonat di pasaran yang biasa dipakai dalam panjat tebing, dan masing-masing jenis atau merek tersebut memiliki perbedaan kualias tergantung perusahaan yang memproduksi, karena biasanya bubuk ini di campur dengan zat pengering tambahan. Namun dari segi bentuk, Magnesium Karbonat terbagi atas :


JENIS BUBUK

Jenis ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pemanjat karena sangat praktis, kelemahannya adalah mudah beterbangan jadi terkadang kurang bersahabat dengan mata dan paru-paru.


JENIS BOLA

Sebenarnya jenis bola ini adalah Magnesium Karbonat jenis bubuk yang dimasukan ke dalam bola kain, jadi lebih tahan lama karena pemakaiannya lebih terkontrol juga tak banyak beterbangan sehingga baik untuk kesehatan.


JENIS GEL ATAU LOTION

Selain bentuk bubuk, alat pengering keringat dalam panjat tebing juga ada dalam bentuk gel/lotion, contoh yang beredar dipasaran adalah Tite Grip. Namun jenis gel/lotion ini masih kurang populer di kalangan pemanjat, tetapi cukup praktis di gunakan di jalur – jalur pendek seperti Bouldering.


CHALK BAG

Chalk Bag atau kantong kapur, adalah sebuah kantung yang biasa ditempatkan di pinggang belakang pemanjat agar mudah diambil saat sedang memanjat, fungsinya sebagai tempat meletakkan magnesium bubuk atau berbentuk bola.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel PENGGUNAAN MAGNESIUM KARBONAT (MgCO3) DALAM PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.