Laman

LOKASI TEBING SAWAPUDO SULAWESI TENGGARA


Tebing yang namanya sama dengan desa tempat tebing tersebut berada selalu ramai dikunjungi oleh pegiat olahraga memanjat yang ada di kawasan daerah tersebut, terutama di hari – hari libur. Salah satu kelebihan dari tebing ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau termasuk dari Kota Kediri, kondisi di sekitar tebing juga sangat nyaman, terdapat area yang cukup luas di lokasi tebing yang bisa dibuat untuk mendirikan tenda bagi yang ingin bermalam.

Panjat tebing di kota Kendari mulai berkembang sejak tahun 1996, dimulai dari aktifitas para Mahasiswa Pencinta Alam yang ada di seputaran Kota tersebut. dan tebing Sawapudo sendiri pertama kali di temukan tahun 1996 oleh Mapala UNSULTRA yang berawal dari explorasi kawasan karts di Kecamatan Soporia. Tak jauh dari lokasi tebing juga terdapat sebuah goa yang cukup menantang untuk dijelajahi. Oleh sebab itu para pegiat alam dan masyarakat setempat menetapkan kawasan ini sebagai kawasan wisata alam.

LETAK LOKASI TEBING SAWAPUDO

Tebing sawapudo terletak di Desa Sawapudo Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, tebing ini berada di kawasan hutan mangrove yang berhadapan langsung dengan pantai.

AKSES MENUJU LOKASI TEBING SAWAPUDO

Dari Kota Kendari berjarak sekitar 30 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan umum seperti mini bus dengan kondisi jalan beraspal melewati wilayah pesisir Kecamatan Soropia. Lokasi tebing hanya berjarak sekitar 70 meter dari pemukiman warga.

KARAKTER BATUAN TEBING SAWAPUDO

Batuan tebing di kawasan ini adalah berjenis batu kapur khas kawasan karst, keras dan berwarna putih keabu-abuan, struktur permukaan tebing banyak lubang dan tojolan.

JALUR PANJAT DI TEBING SAWAPUDO

Permukaan tebing Sawapudo cenderung slab dengan kemiringan 70 – 80 derajat. Jadi tingkat kesulitan jalur di tebing ini tidak terlalu sulit. Jika tepat dalam memilih jalur akan lebih mudah memanjat di tebing Sawapudo ini. Hingga saat ini setidaknya ada 2 jalur yang mencapai hingga ke puncak tebing, satu jalur diantaranya terputus atau tak tersambung utuh dari dasar hingga puncak tebing sehingga menjadi daya tarik tersediri dikalangan pemanjat untuk bisa menyelesaikan jalur hingga ke top. Ketinggian tebing di lokasi ini mencapai 45 meter dengan lebar tebing sekitar 20 meter.

KOORDINAT LOKASI TEBING SAWAPUDO DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI TEBING SAWAPUDO SULAWESI TENGGARA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.