Laman

LOKASI PANJAT TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR JAWA BARAT

Source Photo Google Map
Sejak tahun 90-an tebing kelapa nunggal sudah banyak dikunjungi oleh para pemanjat, sampai saat ini tebing tersebut masih sering di kunjungi terutama di hari-hari libur, khususnya pagi pemanjat yang berada di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, untuk latihan panjat tebing ataupun latihan menuruni tebing. Tebing ini telah banyak menghasilkan atlet professional karena dulunya sering dijadikan lokasi latihan oleh para atlet panjat tebing. Tebing berada di area pertambangan kapur milik PT. Indocement Tunggal Perkasa.

LETAK LOKASI TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR

Tebing kelapa nunggal terletak di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat, Tepatnya di wilayah timur Kabupaten Bogor. Sebelah selatan kantor Kecamatan Kelapa Nunggal.

AKSES KE LOKASI TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR

Cukup mudah untuk mencapai lokasi tebing yang ada di kawasan ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Umumnya yang berasal dari seputaran Jabodetabek lebih banyak menggunakan sepeda motor karena lebih mudah. Kalau dari arah Cikarang ambil jalan menuju kearah warung Bongkok lalu masuk ke kawasan Industri MM2100, kemudian pilih jalan keluar menuju Pasar Setu Bantar Gebang, jalan lurus menuju Kampung Gaok Bekasi kemudian masuk wilayah Cileungsi, sampai di persimpangan Cileungsi ambil lurus arah Kota Bogor. Sebelum memasuki daerah Kelapa Nunggal ada jalan kearah kiri menuju tebing tersebut.

KARAKTER BATUAN TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR

Karakter batuan tebing berjenis limestone atau batuan kapur, namun permukaan tebing dikawasan ini tidak hanya lubang tetapi juga banyak tonjolan berukuran besar yang yang sangat bervariasi.

JALUR PANJAT DI TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR

Ada beberapa tebing di lokasi Kelapa Nunggal ini diantaranya  ada tebing depan (Ki Koja) letaknya persis di pinggir jalan, tebing belakang (gunung cagak) letaknya agak kedalam dan tebing putih yang letaknya agak jauh dari jalan tapi masih terlihat jelas dari jalan. Tebing belakang termasuk tebing dengan tingkat kesulitan yang cukup menantang, pemanjat agak terhindar dari sengatan matahari jika memilih memanjat di tebing ini.

Ada beberapa jalur panjat dilokasi ini seperti jalur kampret kiri, jalur kampret lurus, astaga, anjing, juwita, monyet, bismillah serta beberapa jalur pendek lainnya yang biasa dipakai buat boulder. Ditambah lagi setidaknya ada 11 jalur panjat di tebing baru yang dibuat oleh FPTI Kota Bogor pada tahun 2007 yang lalu. Dengan berbagai variasi tingkat kesulitan, mulai dari 5.9 nama jalur ‘cangcut’ sampai 5.11d nama jalur ‘virginia’.

KOORDINAT LOKASI TEBING KELAPA NUNGGAL DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING KELAPA NUNGGAL BOGOR JAWA BARAT ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.