Laman

LOKASI PANJAT TEBING BUKIT RENTAP KALIMANTAN BARAT

Source Photo Google Map
Di kalangan pegiat olahraga panjat tebing, Provinsi Kalimantan Barat terkenal dengan lokasi tebing bukitnya yang cukup banyak dan umumnya menjulang tinggi. Banyak pemanjat khususnya dari luar daerah yang datang untuk menjajal kemegahan tebing - tebing di lokasi ini. Tebing bukit rentap adalah salah satunya, lokasi tebing yang cukup populer selain tebing bukit kelam yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, Konon menurut cerita rakyat, bukit ini adalah salah satu pecahan dari bukit kelam yang merupakan batu terbesar di dunia.

LETAK LOKASI TEBING BUKIT RENTAP

Lokasi tebing rentap terletak di Desa Baning Panjang  kecamatan Dedai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.

AKSES KELOKASI TEBING BUKIT RENTAP

Untuk menuju ke lokasi tebing ini bisa melalui jalan darat dengan kendaraan bermotor, perjalanan bisa di mulai dari pusat kota Kabupaten Sintang menuju ke lokasi taman wisata alam Bukit Kelam Sintang, setelah itu dilanjutkan ke Dusun Baning Baru Kecamatan Merpak, setelah sampai ke Dusun tersebut, terlebih dahulu harus mengurus izin secara administrative di kantor desa setempat. Dari Kabupaten Sintang ke lokasi tebing memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Lokasi tebing terjarak sekitar 3 kilometer dari pemukiman warga.

KARAKTER BATUAN TEBING BUKIT RENTAP

Karakter batuan tebing di bukit ini sebagian besarnya adalah berjenis batuan andesit, salah satu jenis batuan keras yang biasa di gunakan sebagai bahan pembuat patung atau arca juga candi.

JALUR PANJAT DI TEBING BUKIT RENTAP

Hampir keseluruhan permukaan tebing rentap ini bisa layak dipanjat, tinggi tebing di lokasi ini antara 50 sampai 100 meter dan umumnya untuk memanjat di tebing ini menggunakan system pemanjatan trad climbing dan juga artificial climbing. Salah satu lokasi yang sering di jadikan tempat pemanjatan adalah tebing yang pernah di jadikan lokasi Kenal Medan Tebing di tahun 2010 dalam kegiatan MAPALA se- Indonesia.

KOORDINAT LOKASI TEBING BUKIT RENTAP DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING BUKIT RENTAP KALIMANTAN BARAT ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.