Laman

ATLET SPORT CLIMBING PRIA TERBAIK TINGKAT DUNIA


CHRIS SHARMA

Bagi penyuka olahraga panjat tebing pasti tahu dengan pemanjat yang satu ini, Pemilik nama lengkap Chris Omprakash Sharma ini berasal dari Santa Cruz, California dan telah mulai memanjat sejak umur 12 tahun. Juara Bouldering National di usia 14 tahun dan telah memutuskan panjat tebing sebagai jalan hidupnya. Di usia 15 tahun dia menyelesaikan pemanjatan dengan tingkat kesulitan 5.14c yang merupakan grade tertinggi di Amerika Utara pada saat itu yaitu Necessary Evil di The Virgin River Gorge.

Dia telah banyak menyelesaikan jalur pemanjatan tersulit termasuk Es Pontas dan La Ramba. Dengan segudang penghargaan yang telah didapatnya dia telah menjadi salah satu pemanjat terbaik dalam dunia panjat tebing. Bagi Chris Sharma “Memanjat hanyalah salah satu cara untuk hidup, menghabiskan waktu dan tumbuh berkembang  dari satu saat ke saat berikutnya, itu saja.”


DAVE GRAHAM

Lahir tanggal 10 November 1981 dan menetap di Colorado Amerika, Dia mulai memanjat dari umur 15 tahun dan dianggap salah satu boulderers terbaik di generasinya. Dia telah melakukan pemanjatan di beberapa batu yang paling sulit di dunia.  Saat ini selain memanjat dia juga penulis untuk website Climbing Magazine. Dave Graham bergadung dengan tim Petzl pada 1 Januari 2008 dan dia adalah satu pemanjat favorit penulis.


ADAM ONDRA

Lahir tanggla 5 Februari 1993, Seorang pemanjat tebing professional asal Ceko. Dia adalah juara dunia satu-satunya yang menjuari dua kelas pemanjatan di tahun yang sama yaitu di kelas Bouldering dan Lead Climbing di tahun 2014. Pada tanggal 3 September 2017 Ondra adalah satu-satunya pemanjat Red Point di jalur “Silence” dengan grade 9c (5.15d). Dia banyak memanjat di jalur dengan grade antara 5.13b sampai 5.14d dan beberapa diantaranya Onsights


SEAN MC COLL

Lahir tanggal 3 Sebtember 1987, Rumah Sean di Vancouver Utara, Canada walau sekarang dia tinggal di Prancis. Mulai memanjat sejak tahun 1997 yaitu sejak umur 10 tahun. Dia telah menjadi Kepala dan Asisten Pelatih untuk Tim Nasional Usia Muda dari 2009 – 2013. Pada tahun 2014 – 2015 jadwal kompetisi yang padat membuat Sean hanya bisa melatih melalui korespodensi. Sebagai Atlet pretasinya sudah sangat banyak dan sulit untuk di samai oleh pemanjat terutama yang berasal dari negaranya Kanada.

Sejak dia mengikuti Kejuaraan tingkat dunia dia telah memenangkan 5 event (2 Boulder dan 3 Lead) dan berada di podium 23 kali. 8 kali juara National Kanada Terbuka, Juara 3 kali Adidas Rock Start (2012, 2014, 2015) dan juara Psicobloc Competition di tahun 2014. Dia sangat Pasih berbahasa Prancis dan Ingris selain itu dia memiliki Gelar Sarjana Muda untuk ilmu computer.


PATXI USOBIAGA

Pemanjat asal spanyol yang miliki tinggi badan 174 cm ini mulai mendaki gunung sejak umur 10 tahun di ajak oleh orang tuanya walau saat itu tidak mengenal panjat tebing tetapi orang tuanya belajar bagaimana untuk membelay dan mulai saat itu Patxi mulai ketagihan panjat tebing. Dia adalah pemanjat 8c+ Onsight pertama dalam sejarah dan beberapa 9a+. Juara dunia pada tahun 2009 dan juara Eropa tahun 2008. Pemenang di banyak kejuaraan tingkat dunia pada tahun 2006 – 2007, Dia juga seorang pelatih panjat tebih professional sejak tahun 2012.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel ATLET SPORT CLIMBING PRIA TERBAIK TINGKAT DUNIA ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.