Laman

MANFAAT DARI OLAHRAGA PANJAT TEBING


Olahraga panjat tebing adalah salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas yang tergolong extreme akan tetapi kondisi tersebut sebenarnya bisa diminimalisir bahkan bisa menjadi olahraga yang aman dan bersahabat bagi siapa saja tidak memandang umur, jenis kelamin apalagi strata sosial yaitu dengan cara terus menerus melatih kemampuan, baik itu kemampuan teknis dan juga kemampuan dalam memanjat.

Tak seperti bola kaki, olahraga panjat tebing memang tergolong olahraga yang sulit dicerna oleh masyarakat awam, menurut penulis hal ini adalah salah satu penyebab mengapa panjat tebing hanya digeluti oleh orang – orang kece tertentu saja. Namun di Negara maju dan di kota – kota besar olahraga ini berkembang cukup pesat hal ini di tandai dengan banyaknya peminat yang melakukan olahraga yang memacu andrenalin ini tidak hanya secara outdoor tetapi juga indoor di climbing gym  serta banyak bermunculan club -club panjat tebing di berbagai daerah.

Olahraga panjat tebing sangat banyak manfaatnya jika dilakukan dengan benar, baik secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga panjat tebing, antara lain :

SEGI KESEHATAN FISIK

Melakukan olahraga panjat tebing di alam bebas memberikan dampak yang sangat positif bagi anda, secara fisik olahraga panjat tebing adalah olahraga yang berat dan melibatkan semua organ tubuh, oleh karena itu sangat baik untuk kinerja jantung serta sangat efektif membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Dengan sering memanjat akan membuat kekuatan otot, daya tahan serta kelenturan tubuh anda meningkat.


SEGI KESEHATAN MENTAL

Setidaknya ada 3 manfaat panjat tebing ditinjau dari kesehatan mental, antara lain :

MENGHILANGKAN STRES DAN DEPRESI

Salah satu sifat dari olahraga melawan grafitasi ini adalah pantang menyerah, oleh karena itu sikap optimis saat akan menaklukkan tebing akan membuat tubuh mengelola tingkat stress dengan baik dan akan membuat anda pantang putus asa. Panjat tebing di alam bebas jelas aktifitas yang sangat menyenangkan bagi penikmatnya, hal ini akan membuat anda terhindar dari rasa depresi yang berlebihan. Depresi juga bisa dihilangkan dengan manfaat tertawa atau berteriak saat memanjat. Ditambah lagi bonus bisa menikmati suasana alam dari atas ketinggian.

MENGATASI PHOBIA

Bagi anda yang phobia ketinggian jangan terus menghindar cobalah untuk melawan, saran penulis cobalah olahraga panjat tebing, anda akan dibiasakan untuk merasakan [baca; menikmati] ketinggian dengan variasi yang berbeda mulai dari terendah sampai benar - benar tinggi, sehingga phobia anda akan menghilang. Menurut hemat penulis banyak kasus yang awalnya phobia ketinggian setelah melakukan olahraga ini beberapa kali malah berbalik sangat menyukai olahraga diketinggian ini.


MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

Memiliki tubuh sehat, tingkat stress rendah, berjiwa petualang, punya keahlian memanjat tebing dan kemampuan tali-temali dengan baik, ditambah lagi di lokasi panjat anda akan bersosialisasi dengan sesama pemanjat menambah teman dan wawasaan, jelas akan meningkatkan rasa percaya diri.

Dan yang paling penting menurut penulis adalah dengan memanjat tebing alam akan menumbuhkan kecintaan terhadap tebing. Seorang pemanjat tebing pasti tergerak hatinya untuk tetap merawat tebing yang secara tak langsung juga merawat alam ini.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MANFAAT DARI OLAHRAGA PANJAT TEBING ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.