Laman

LOKASI PANJAT TEBING SUMBING GUNUNG KELUD JAWA TIMUR


Gunung Kelud merupakan salah satu objek wisata andalan dan kebanggaan di Kabupaten Kediri, gunung ini sangat menarik untuk dikunjungi, dari kawasan objek wisata ini anda bisa menyaksikan anak Gunung Kelud yaitu sebuah kubah lava yang muncul di tengah – tengah danau kawah yang baru muncul pada tahun 2007 lalu, di area ini juga anda bisa menikmati pemandian air panas, terowongan sepanjang 100 meter, juga menikmati panorama Gunung Kelud dari salah satu puncak pegunungan dengan menaiki ratusan anak tangga yang tersusun rapi disepanjang jalur.

Bagi seorang pemanjat, Tebing Sumbing sendiri merupakan salah satu tebing yang sangat menarik sekaligus menantang untuk di panjat, karena tebing ini terletak di atas Gunung Kelud yang merupakan gunung merapi dengan ketinggian lebih kurang 1000 meter diatas permukaan laut.

LETAK LOKASI TEBING SUMBING GUNUNG KELUD

Tebing Sumbing Gunung Kelud terletak di Kecamatan Ngacar Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur.

AKSES KE LOKASI TEBING SUMBING GUNUNG KELUD

Untuk yang berada di luar daerah seperti Jakarta, anda bisa menggunakan jalan darat untuk menuju ke Kota Kediri baik menggunakan kendaraan umum seperti Bus ataupun Kereta Api atau menggunakan kendaraan pribadi. Bagi yang sudah berada di Kota Kediri untuk meneruskan perjalanan ke Tebing Sumbing Gunung Kelud bisa melalui jalan Wates  - Ngacar ini merupakan jalur tercepat untuk ke lokasi tebing. Dari Kota Kediri ke Lokasi Tebing Sumbing Gunung Kelud membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Setelah tiba, selanjutnya silahkan ke post penjagaan milik Dinas Pariwisata untuk mengantar surat perizinan lalu diteruskan ke kantor Vulkanologi untuk melanjutkan proses perizinan yang jaraknya tidak jauh dari pintu masuk (post penjagaan milik Dinas Pariwisata). Setelah itu bisa langsung ke lokasi pemanjatan.

Untuk ke lokasi panjat terlebih dahulu anda harus melewati terowongan peninggalan belanda sepanjang 100 meter, lokasi panjat berada di sisi sebelah kanan setelah keluar dari terowongan, di area ini anda bisa mendirikan base camp selama pemanjatan berlangsung.

MENGURUS PERIZINAN SEBELUM MEMANJAT TEBING SUMBING GUNUNG KELUD

Karena bukan tergolong wisata biasa ke Gunung Kelud tetapi untuk keperluan memanjat maka terlebih dahulu ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki, anda harus mengurus surat perizinan atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak – pihak terkait, diantaranya :

- Surat rekomendasi dari FPTI Kediri
- Mengirim surat ijin kegiatan ke Dinas Pariwisata Kota Kediri
- Mengirim surat pemberitahuan ke Polsek Ngacar
- Mengirim surat pemberitahuan ke Kantor Vulkanologi

Bagi anda yang berasal dari luar daerah untuk kelancaran selama proses pemanjatan ada baiknya jauh – jauh hari sebelumnya menghubungi pihak FPTI Kediri terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu karena pihak FPTI Kediri sudah sangat mengenal daerah gunung tersebut.

KARAKTER BATUAN TEBING SUMBING GUNUNG KELUD

Karakter batuan tebing dikawasan Gunung Kelut ini adalah berjenis batuan andesit atau batuan beku, berwarna abu – abu gelap, batuan jenis ini biasa digunakan untuk membuat arca ataupun candi.

JALUR PANJAT DI TEBING SUMBING GUNUNG KELUD

Ada banyak sekali jalur panjat di Tebing Sumbing Gunung Kelud ini, diantaranya ada jalur expedition metro tv yang dibuat oleh tedy ixdiana. Tinggi tebing sumbing sekitar 200 meter dari permukaan tebing dengan satu puncak bentuknya meruncing. Sumbing sendiri merupakan salah satu dari empat puncak gunung kelud, tiga puncak lainnya adalah puncak kelud itu sendiri, puncak gajah mungkur dan puncak gedang.

Tidak semua bagian dari tebing terdiri dari batuan andesit yang keras ada juga beberapa bagian yang mudah lepas saat pemanjatan terutama saat proses pengeboran dan ini sangat membahayakan bagi pemanjat yang berada dibawah. Mengikuti safety prosedur seperti penggunaan helm adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum memanjat.

KOORDINAT LOKASI TEBING SUMBING GUNUNG KELUD DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING SUMBING GUNUNG KELUD JAWA TIMUR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.