Laman

LOKASI PANJAT TEBING PANTAI SIUNG YOGYAKARTA

Source Pic Google Map

Pantai siung baru populer sebagai lokasi panjat tebing sejak tahun 2005 setelah diresmikan oleh pemerintah daerah setempat sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing. Sebelumnya lokasi ini adalah kawasan wisata pantai biasa. Namun sebagai lokasi panjat tebing tempat ini sudah dilirik oleh komunitas pencinta alam sejak tahun 2000 dengan mulai dibuatknya jalur panjat dilokasi tersebut.

Untuk saat ini kawasan pantai siung sudah sangat populer dan menjadi salah satu spot wisata alam andalan. Bukan hanya dijadikan tempat refresing untuk sekedar menikmati suasana pantai tetapi juga lokasi ini sangat cocok sebagai tempat camping, hammocking, dan tentunya rock climbing. Pantai siung adalah salah satu lokasi panjat tebing paling populer di Yogyakarta bahkan lebih populer dari tebing Parangndog dekat pantai Parangtritis.

LETAK LOKASI TEBING PANTAI SIUNG

Dari pusat kota Yogyakarta lokasi panjat tebing yang pernah menjadi tempat diselenggarakan kompetisi tingkat dunia bertajuk Asean Climbing Gathering ini berjarak sekitar 80 Kilometer, tepatnya berada di Dusun Wales Desa Purwodadi Sebelah selatan Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Propinsi Daerah Yogyakarta.

AKSES KE LOKASI TEBING PANTAI SIUNG

Untuk menuju ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Menggunakan kendaraan pribadi dari kota Yogyakarta langsung saja menuju kearah jalan Wonosari, setelah sampai disini selanjutnya pilih jalan menuju pantai baron, sampai di pertigaan desa mulo kalau lurus maka akan ke pantai baron, ambil kearah kiri, selanjutnya ikuti petunjuk jalan sampai anda tiba di pantai siung.

Menggunakan kendaraan umum anda bisa memulai perjalanan dari terminal Giwangan Yogyakarta, disini ambil bus jurusan Yogyakarya – Wonosari, setelah tiba di Wonosari lanjutkan perjalanan dengan mengambil bus jurusan Wonosari – Tepus. Setelah tiba di terminal Tepus anda bisa menyewa ojek untuk diantarkan langsung ke lokasi pantai siung.

KARAKTER BATUAN TEBING PANTAI SIUNG

Tebing di kawasan pantai siung berjenis batuan karts yang keras, sebagian besar permukaan tebingnya terdapat banyak celah, lubang dan tonjolan jadi sangat cocok dijadikan tempat memanjat.

JALUR PANJAT TEBING DI PANTAI SIUNG

Untuk lokasi panjat terdapat di sebelah barat pantai dengan tinggi bervariasi antara 5 meter sampai 30 meter, ada 11 tebing di kawasan ini dengan 250 jalur pemanjatan. Jalur panjat dilokasi ini terbagi beberapa blok, mulai dari blok A sampai blok K. Sebagian besar adalah jalur sport climbing namun tersedia juga jalur pemanjatan untuk artificial climbing. 

Untuk anda yang masih pemula bisa mencoba memanjat tebing blok D yang ketinggiannya dibawah 10 meter. Namun bagi yang sudah mahir atau ingin mencoba yang lebih menantang bisa mencoba ke tebing F, tebing ini sering disebut kuda laut karena diatas tebing terdapat batu berbentuk kuda laut. Tebing dengan ketinggian mencapai 18 meter ini adalah salah satu jalur panjat favorit di pantai siung.

Bagi anda yang masih awam tetapi ingin mencoba memanjat dilokasi yang dijuluki “The best rock climbing site in Yogyakarta” ini, disini juga tersedia tour operator yang menyediakan paket rock climbing, anda bisa menyewa pemandu panjat tebing dengan kisaran harga tiga ratus ribu rupiah. Kalau beruntung anda bisa saja diajak manjat dengan ikutan gabung bersama kelompok – kelompok yang sedang memanjat disana yang banyak berdatangan dari berbagai daerah biasanya di hari libur.

KOORDINAT LOKASI TEBING SIUNG DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nadoutdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING PANTAI SIUNG YOGYAKARTA ini ditulis oleh Nadoutdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.