Laman

LOKASI PANJAT TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG


Salah satu lokasi panjat tebing terbaik yang ada di Indonesia terdapat di pegunungan Likunggavani yang terletak di Desa Marantale. Nama Likunggavani diambil dari dinding batu atau tebing dilokasi tersebut yang menyerupai bentuk lingkaran wajah. Tebing ini pertama kali dibuka sebagai lokasi panjat pada tahun 2000. Selanjutnya pada tahun 2007 para pemanjat tebing Nasional bersama dengan pemanjat lokal melakukan survey untuk membuka jalur – jalur pemanjatan.

Tahun 2008 Pemda bersama Mahasiswa Pecinta Alam FE – UNTAD mengundang beberapa pemanjat tebing Nasional untuk membuka jalur panjat di tebing ini sekaligus menikmati tantangan ditebing tersebut. Tidak jauh dari lokasi pemanjatan terdapat sebuah air terjun yang diberi mana sama, yaitu Air terjun Likunggavali, hanya berjarak 1 menit dengan berjalan kaki dari lokasi pemanjatan. Sudah terbayang bukan, betapa menarik dan menantangnya lokasi panjat tebing yang satu ini.

LETAK LOKASI TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG

Tebing Likunggavali terletak di Desa Marantale Kecamatan Sinju Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah

AKSES KE LOKASI TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG

Dari Pusat Kota Kabupaten Parigi Moutong ke lokasi tebing Likunggavani berjarak sekitar 22 kilometer dan 80 kilometer dari Kota Palu. Perjalanan dari Kota Palu ke Kota Parigi bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dari Kota Perigi, perlajanan dilanjutkan menuju persimpangan jalan Desa Toboli dengan melintasi jalan trans Sulawesi. Di persimpangan tersebut ambil jalan arah utara yaitu menuju Desa Marantale dengan menyusuri jalan trans Sulawesi wilayah timur. Setelah sampai ke Desa Marantale anda harus berjalan kearah barat melewati perkebunan kelapa dan kopi hingga tiba di lokasi tebing.

KARAKTER BATUAN DI TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG

Jajaran tebing di lokasi ini terdiri dari gugusan batu granit yang cukup keras sehingga sangat kuat untuk digunakan sebagai lokasi pemanjatan. Topografi dari tebing ini memiliki kemiringan yang sangat beragam, mulai dari yang mudah sampai yang sangat menantang.

JALUR PANJAT DI TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG

Tebing dengan tinggi mencapai 100 meter ini memiliki beberapa jalur panjat, hingga saat ini telah ada tidak kurang dari 12 jalur panjat dengan berbagai variasi ketinggian dan tingkat kesulitan jalur. Sebagian besar jalur bisa digunakan untuk berbagai kategori pemanjatan seperti Lead, Boulder ataupun Speed. Oleh karena itu tebing ini sudah ditetapkan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sebagai lokasi tebing alam yang layak untuk penyelenggaraan Kejuaraan Nasional maupun International.

KOORDINAT LOKASI TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING LIKUNGGAVALI MARANTALE SULTENG ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.