Laman

LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG JAWA TIMUR


Bagi penikmat olahraga panjat tebing, Daerah Tulungagung di Provinsi Jawa Timur juga bisa menjadi destinasi wisata untuk olahraga ekstrime ini, salah satu lokasi yang cukup populer ada di daerah gunung pegat.  Beberapa kelebihan lokasi panjat tebing gunung pegat ini adalah akses ke lokasi panjat yang tidak terlalu sulit, ketersedian air dilokasi panjat juga panorama alam di sekitar tebing yang sangat memanjakan mata. Pembukaan jalur panjat di lokasi gunung pegat ini bertujuan selain untuk mendatangkan wisatawan juga sebagai salah satu upaya konservasi sumber air.

LETAK LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG

Letak lokasi tebing gunung pegat berada di desa Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

AKSES KE LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG

Dari Kota Tulungagung lokasi tebing gunung pegat hanya berjarak 20 kilometer arah selatan. Dengan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

KARAKTER BATUAN TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG

Batuan tebing di gunung pegat berjenis batuan kapur, permukaan tebing banyak terdapat rekahan, lubang dan tonjolan sehingga sangat cocok untuk lokasi panjat. Permukaan tebing dilokasi ini juga tidak licin untuk dipanjat walau dalam musim penghujan.

JALUR PANJAT DI LOKASI TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG

Tidak kurang dari 5 jalur panjat ada dilokasi ini, dengan tinggi dan tingkat kesulitan yang bervariasi. Ada beberapa jalur yang cukup populer di tebing ini, seperti jalur Watu Cetek dengan ketinggian 20 meter dan jalur Tropical Divorse dengan ketinggian mencapai 50 meter. Grade atau tingkat kesulitan di tebing ini antara 5.10a sampai 5.10c. Pembuatan jalur panjat di lokasi ini dilakukan oleh FPTI Tulungagung di awal 2017 yang lalu.

KOORDINAT LOKASI TEBING GUNUNG PEGAT DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING GUNUNG PEGAT TULUNGAGUNG JAWA TIMUR ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.