Laman

LOKASI PANJAT TEBING BUKIT SELERO LAHAT SUMATERA SELATAN


Bukit Selero masuk dalam salah satu bagian dari Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Selero seluas 210 Hektar dan  merupakan salah satu tiga kawasan konservasi di Kabupaten Lahat. Bukit ini merupakan salah satu landmark dan kebanggan dari masyarakat Lahat. Dari bentuknya bukit ini sangat unik karena bagian puncak bukit berbentuk kerucut memanjang menunjuk keatas, oleh sebab itu bukit ini juga di kenal dengan sebutan bukit telunjuk ataupun bukit jempol dengan ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut (mdpl). Bukit ini sangat populer dikalangan pendaki gunung dan juga pemanjat tebing baik di dalam maupun di luar daerah Lahat.

Bukit yang masuk dalam bagian dari bukit barisan ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona dan menjadi salah satu lokasi wisata alam andalan didaerah tersebut. Dikawasan ini juga terdapat Sekolah Gajah Perangai yang berada di kaki Bukit Selero, tidak kurang dari 40 gajah dijinakkan dan dilatih disini. Warga lokal lebih banyak mendaki bukit ini sampai punggung bukitnya saja sedangkan ke puncak bukit yaitu ke ujung telunjuknya lebih banyak dilakukan oleh pengunjung dari luar daerah. Selain Mendaki dan Panjat Tebing Kawasan Bukit Selero juga dijadikan pilihan sebagai lokasi Arung Jeram di Sungai Selero dengan grade antara 1 sampai 2 sangat cocok untuk pemula.

LETAK LOKASI TEBING BUKIT SELERO LAHAT SUMSEL

Tebing Bukit Selero berada di Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

AKSES MENUJU LOKASI PANJAT TEBING BUKIT SELERO LAHAT

Kota Lahat Berjarak sekitar 276 Kilometer dari Palembang Sumatera Selatan. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dari Kota Lahat menuju ke kawasan WTA Bukit Selero di kecamatan Merapi Selatan berjarak sekitar 20 kilometer atau 90 menit perjalanan dengan kondisi jalan yang sudah beraslap. Sementara dari jalan beraspal anda harus tracking lebih kurang dua jam perjalanan menuju ke kaki bukit melewati perbukitan dan hutan lebat.
Untuk menuju puncak bukit, terbagi dua pendakian yang di kenal dengan istilah Kedaton I dan Kedaton II. Dari kaki bukit ke kedaton I (pundak bukit) bisa ditempuh dengan mendaki melewati hutan lebat dan jalan yang cukup terjal dan licin dengan kemiringan mencapai 75 derajat. Sementara untuk mencapai puncak Kedaton II (puncak bukit berbentuk telunjuk) tidak bisa lagi dengan mendaki tetapi harus dengan memanjat.

JENIS BATUAN TEBING BUKIT SELERO LAHAT SUMSEL

Tebing bukit selero berjenis batuan andesit atau batu magma yang membeku.

JALUR PANJAT TEBING DI BUKIT SELERO LAHAT SUMSEL

Lokasi pemanjatan di bukit selero ada di area pundak bukit (Kedaton I) dilokasi tersebut terdapat sebuah batu andesit besar berdiameter lebih kurang 150 meter menjulang keatas, diameter bagian paling atas atau puncaknya hanya sekitar 10 – 15 meter saja. Bagian inilah yang sering disebut mirip telujuk sehingga menjadi nama untuk bukit ini. Bagian yang paling sering dipanjat dari tebing ini ada dibagian barat bukit. Lokasi ini dikelilingi oleh perkebunan warga kebanyakan kebun durian dan kebun kopi juga areal ladang dan persawahan.

Tidak kurang ada 5 jalur pemanjatan di lokasi ini dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, yang dibuat oleh pegiatan olahraga panjat tebing dari berbagai wilayah. Bagi yang ingin mencoba jenis Pemanjatan Big Wall, tebing Bukit Selero bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Untuk memudahkan anda yang ingin memanjat Tebing Bukit Selero di kawasan ini juga terdapat beberapa Operator Tour yang menyediakan peratalan panjat tebing juga pemandu/guide yang banyak berdomisili di kawasan Lahat dan sekitarnya seperti Kota Pelembang, Kota Muara Enim dan Kota Pagaralam.

KOORDINAT LOKASI TEBING BUKIT SELERO LAHAT DALAM GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING BUKIT SELERO LAHAT SUMATERA SELATAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.