Laman

LOKASI PANJAT TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN


Bambapuang adalah nama sebuah desa di Kabupaten Enrekang sekaligus nama tebing yang berada di desa tersebut. Dalam bahasa lokal baik Toraja ataupun Duri, Bambapuang bisa diartikan daerah atau wilayah para raja. Tebing Enrekang merupakan tebing dengan lokasi tertinggi yang ada di Sulawesi Selatan. Sebenarnya tebing ini adalah sebuah gunung batu dengan ketinggian 1021 mdpl, tetapi kurang populer dikalangan pendaki, gunung ini lebih populer sebagai lokasi panjat tebing yang sering di gunakan oleh pemanjat setempat untuk latihan atau kompetisi dan lain sebagainya.

Para pemanjat harus sangat berhati-hati di gunung ini, karena lokasi pemanjatan yang lumayan sulit dicapai dan pernah terjadi beberapa kecelakaan di tebing tersebut, ada tiga hal larangan bagi pemanjat di tebing bambapuang ini yaitu :

- Saat melihat asap ketika sedang memanjat segera turun, karena tebing bambapuang di penuhi tumbuhan yang tidak terlalu besar serta ilalang yang mudah terbakar
- Hari jumat dilarang melakukan pemanjatan, hampir seluruh masyarakat di sekitar lokasi beragama islam
- Ketika hujan segera cari tempat yang aman untuk berlindung dari batuan yang mudah lepas.

LETAK LOKASI TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN

Lokasi tebing bambapuang terletak di Dusun Kotu Desa Bambapuang Kecamatan Angeraja Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan

AKSES KE LOKASI PANJAT TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN

Dusun Kotu kalau dari arah Makasar berada di KM 251, dari Kota Enrekang hanya berjarak 14 kilometer dan 63 kilometer dari Makale, Tana Toraja. Memulai perjalanan dari Terminal Dayak Makasar anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti mini bus membutuhkan waktu sekitar 6 – 7 jam perjalanan dengan tujuan Makasar – Sudu atau ‘Cakke’ Enrekang minta turun di Kotu. Sekitar 5 kilometer dari kotu terdapat sebuah pasar tradisional ‘Cakke’ anda bisa menambah logistik dipasar ini. Dasar tebing dapat dicapai dari Dusun Kotu dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer tetapi pada musim kemarau jalan bisa dilewati oleh sepeda motor.

KARAKTER BATUAN TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN

Jenis batuan di gunung Bambapuang adalah dari jenis batuan karst/ gamping, yang merupakan jajaran wilayah karts Makale – Toraja.

JALUR PANJAT DI TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN

Lokasi pemanjatan di gunung Bambapuang ada di sisi selatan gunung dan Dusun Kotu adalah perkampungan terdekat dengan lokasi tebing. Di bagian selatan gunung ini terdapat jejeran tebing dengan ketinggian rata – rata 80 sampai 150 meter. Terdapat jalur untuk sport juga artificial climbing dengan berbagai tingkat kesulitan.

Lokasi tebing di gunung ini juga sangat cocok untuk pemanjatan Big Wall yang bisa menghabiskan waktu berhari –hari untuk menyelesaikan jalur pemanjatannya. Tebing gunung ini  sangat populer di kalangan pemanjat baik dari dalam ataupun luar daerah. Tercatat hingga saat ini telah ada 30 tim panjat tebing dari berbagai penjuru tanah air pernah menjajal tebing di kawasan ini.

KOORDINAT LOKASI TEBING BAMBAPUANG DALAM GOOGLE MAP 


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING BAMBAPUANG SULAWESI SELATAN ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.