Laman

MENIKMATI KEINDAHAN ALAM DI BUMI RAFFLESIA BENGKULU


Bengkulu adalah sebuah propinsi yang terletak di pesisir barat pulau sumatera, sebuah propinsi yang memiliki banyak nilai sejarah mulai dari zaman kerajaan sampai zaman kolonial belanda. Ini terbukti dari banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah di propinsi tersebut. Keindahan alam di propinsi ini pun tidak kalah dengan daerah – daerah lainnya di Indonesia juga dari kulinernya yang sangat beragam. Propinsi yang punya sebutan lain yaitu bumi rafflesia inilah yang menjadi tujuan penulis selanjutnya untuk dijelajahi.

Setelah menghubungi beberapa teman dan kerabat di Bengkulu penulis pun sampai di kota tempat presiden soekarno pernah diasingkan dan tinggal untuk sementara waktu disana tidak jauh dari Bandara kebanggaan masyarakat Propinsi Bengkulu yaitu Bandara Fatmawati Soekarno. Berbaur dengan masyarakat yang notabennya masih serumpun yaitu suku melayu bukanlah sebuah hal baru bagi penulis, menurut salah seorang masyarakat disana 60% lebih masyarakat Bengkulu adalah dari suku minang dan ini sangat membatu kelancaran komunikasi saat melakukan perjalan di kota tersebut.

Banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang menarik di kota Bengkulu, dan beberapa tempat tersebut sangat mudah di kunjungi karena berada tidak jauh dari pusat kota Bengkulu. Seperti Benteng Marlborough dan Pantai Panjang. Untuk yang suka olahraga alam seperti panjat tebing di propinsi ini juga terdapat tempat yang cukup populer yaitu bukit kandis, akan penulis bahas di artikel yang lain.


Benteng yang cukup terkenal di Bengkulu

Benteng Marlborough adalah sebuah benteng yang menjadi saksi sejarah bahwa Inggris pernah berkuasa disini, dibangun pada tahun 1713 – 1719. Objek wisata yang satu ini banyak di kunjungi oleh masyarakat terutama pada sore hari. Sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat yang wajib di kunjungi kalau berada di kota Bengkulu antara lain seperti Tugu Thomas Parr, Rumah Ibu Fatmawati, Komplek Pemakaman Kuno, Rumah Gubernur Jenderal Inggris, Tugu Hamilton, Pantai Panjang Putri Gading Cempaka, Kawasan Pelabuhan Pulau Baai, Pantai Jakat, Tugu Perjuangan Rakyat Bengkulu, dan Kawasan China Town. Belum lagi tempat – tempat wisata di kabupaten lain di propinsi tersebut.


Salah satu sudut Pantai Panjang - Bengkulu

Begitupun dengan pantainya, salah satu yang paling terkenal adalah pantai panjang. Pantai ini letaknya hanya sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 7 kilometer, berwisata ke pantai ini sangat menyenangkan selain  menawarkan keindahan pantai yang asri juga didukung dengan fasilitas yang lengkap seperti penginapan, restoran, pusat perbelanjaan, arena bermain anak dan lain sebagainya. Selain pantai panjang ada juga pantai tapak paderi dan pantai pasir putih yang tak boleh anda lewatkan.

Kuliner khas Bengkulu yang paling populer salah satunya adalah tempoyak. Ada banyak variasi tempoyak khas Bengkulu antara lain tempoyak durian, tempoyak ikan, sambal tempoyak dan beberapa yang lain. Tempoyak merupakan salah satu bumbu masakan yang umumnya banyak terdapat di sumatera, tempoyak sendiri adalah buah durian yang sudah di fermentasi. Salah satu yang sempat penulis cicipi adalah tempoyak ikan patin yang juga menjadi kuliner khas Bengkulu yang patut anda coba.


 Bunga Rafflesia Arnoldi, Sumber Foto : KPPL-Bengkulu

Sebenarnya hal pertama yang paling ingin penulis temukan didaerah ini adalah bunga khas yang menjadi ikon Propinsi Bengkulu yaitu bunga Rafflesia Arnoldi, tetapi sayang karena keterbatasan waktu selama berada disana penulis belum sempat melihat langsung. Bunga ini banyak terdapat di dua lokasi yaitu di hutan lindung bukit daun dan cagar alam taba penanjung. Bunga yang satu ini umumnya tumbuh bebas di hutan-hutan Bengkulu namun ada juga di penangkaran warga. Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Kepahiang adalah beberapa daerah dengan populasi terbesar bunga ini. Mungkin ini pertanda bahwa penulis akan menginjakkan kaki lagi di daerah ini, semoga.

PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel MENIKMATI KEINDAHAN ALAM DI BUMI RAFFLESIA BENGKULU ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.