Laman

LOKASI PANJAT TEBING CITATAH BANDUNG


Dari sekian banyak spot wisata alam yang ada di kota Bandung, penulis sangat tertarik dengan salah satu spot wisata yang memacu andrenalin di daerah tersebut yaitu panjat tebing tepatnya di tebing citatah yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini telah sejak lama menjadi favorit para pencinta olahraga panjat tebing dan menjadi bagian dari sejarah perkembangan olahraga panjat tebing di Indonesia.

LOKASI TEBING CITATAH

Letak tebing Citatah tidak jauh dari kota Bandung tepatnya di Kecamatan Padalarang Desa Citatah Kabupaten Bandung Barat, arah Bandung menuju Cianjur. Tebing ini berlokasi  5 kilometer dari gerbang tol Padalarang bisa ditempuh hanya 6 menit dari jalan raya tepannya berada di belakang pabrik Multi Marmer Alam. Bagi pengguna kendaraan pribadi anda bisa memarkirkan kendaraan didekat tebing.


AKSES MENUJU LOKASI TEBING CITATAH

Kalau dari luar kota seperti Jakarta perjalanan bisa dimulai dari Terminal Kampung Rambutan anda bisa menggunakan bus menuju Bandung untuk ke lokasi ini, perjalanan bisa dari Tol Ciawi ataupun dari Tol Cipularang, minta bus untuk berhenti di depan Pabrik Multi Marmer Alam, anda akan dikenakan biaya sekitar 30.000 – 50.000 perorang. Anda juga bisa melalui akses pintu keluar Tol Padalarang (Pintu keluar Tol Cipulalarang dari arah Jakarta) lalu dilanjutkan menggunakan angkutan kota menuju Raja Mandala dan turun di depan Pabrik Marmer Alam. Dari Jakarta ke tebing Citatah membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

KARAKTER TEBING CITATAH

Kawasan Citatah merupakan kawasan Karst atau Kapur, Sebagian besar perbukitan dikawasan ini terbentuk dari kapur dan sudah lama menjadi area pertambangan kapur yang sangat produktif bahkan sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke – 19. Tebing kapur di kawasan ini umumnya sangat keras walau ada juga dibeberapa tebing yang masih rapuh.

TEBING CITATAH

Terdapat 3 lokasi tebing utama di kawasan ini yang biasa dijadikan tempat memanjat yaitu Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125. Nama dari kawasan tebing tersebut semua diambil berdasarkan ketinggian rata-rata tebing dimasing-masing lokasi.

CITATAH 48

Kawasan tebing yang memiliki nama resmi Gunung Manik ini terletak di Jl. Pamucatan Raya Bandung. Dinamakan Citatah 48 karena tinggi tebing di kawasan ini berkisar antara 40 sampai 50 meter, Tebing berjenis batuan karst ini memiliki sekitar 25 jalur panjat dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sebuah tugu berbentuk pisau belati berada dipuncak tebing sekaligus menjadi ciri khas dari kawasan tebing citatah 48. Kalau dari Tebing Citatah 125 membutuhkan waktu 15 menit perlajanan ke Citatah 48 ini.

Untuk bisa memanjat di tebing yang dikenal juga dengan nama tebing komando ini terlebih dahulu harus mendapat izin dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus atau PUSDIPASSUS, karena kawasan tebing ini sering dijadikan tempat latihan bagi prajurit dan berada dibawah pengawasan Kopassus di Batu Jajar. Surat izin kegiatan harus diajukan jauh hari sebelumnya lebih kurang 1 bulan karena akan melalui proses yang lama.

CITATAH 90

Lokasi tebing ini letaknya tidak jauh dari jalan raya Bandung – Cianjur, kalau lewat dari jalan arah menuju Cianjur disebelah kanan akan terlihat 3 tower yang berbeda ketinggian, tower yang berada di tengah merupakan tebing citatah 90 karena ketinggiannya memang sekitar 90 meter. Nama resmi lokasi tebing ini adalah Gunung Pabeasa, tebing dengan karakter batuan Karts ini sering menjadi alternatif para pemanjat diantara 2 lokasi tebing lainnya. Yaitu tebing citatah 48 agak sulit diperizinan sedangkan Citatah 125 yang biasa selalu ramai oleh para pemanjat.

Untuk saat ini hanya ada sekitar 4 -5 jalur yang sering dipanjat di tebing ini, seorang teman penulis biasa dipanggil tantan yang juga sering memanjat di lokasi ini mengatakan, dulunya jalur panjat dikawasan ini lumayan banyak cuma jalan masuknya sebagian perlu di rebolt, lagipula tebing dikawasan ini sudah banyak yang tergusur pabrik ungkapnya. Tebing di kawasan inipun banyak di tumbuhi pepohonan. Itulah beberapa alasan mengapa lokasi tebing citatah 90 ini malas didatangi pemanjat dan kalah populer dari 2 lokasi tetangganya. Untuk memanjat dilokasi ini tidak perlu perizinan dari instansi khusus hanya perlu ke warga setempat yang biasa berada di warung – warung di pinggir jalan dekat lokasi tebing.


(Lokasi Tebing Citatah 125 hampir selalu ramai oleh para pemanjat) 

CITATAH 125

Lokasi tebing yang berada di kawasan Gunung Singgalang ini adalah yang tertinggi dari lokasi tebing lainnya di kawasan Citatah yaitu sekitar 125 meter dan menjadi lokasi yang paling difavoritkan pagi para pemanjat dibanding dua lokasi lainnya. Sering dijadikan tempat pendidikan atau latihan bagi pemanjat yang berada di seputaran Bandung maupun Jabotabek.

Ciri khas tebing ini adalah pada ketinggian 30 meter terdapat goa tembus yang berada di picth yang bisa di jadikan tempat istirahat saat memanjat sambil menikmati panorama alam dikawasan tersebut. Terdapat banyak jalur di lokasi ini dengan tingkat kesulitan yang variatif sangat cocok bagi pemanjat pemula maupun yang sudah mahir. Jalur Hanoman juga jalur Elang adalah beberapa nama jalur yang cukup populer di lokasi ini. Untuk memanjat disini terlebih dahulu harus mengurus surat izin ke ketua RT atau dari Karang Taruna Pabeasan karena tebing ini dikelola oleh warga setempat.

KOORDINAT LOKASI TEBING CITATAH DI GOOGLE MAP


PENULIS : Nad Outdoorlife - Zulkarnain Nad

Artikel LOKASI PANJAT TEBING CITATAH BANDUNG ini ditulis oleh Nad Outdoorlife Terima kasih telah membaca artikel ini, Silahkan di SHARE jika bermanfaat, sertakan link aktif jika ingin meng-copy atau tinggalkan KOMENTAR jika ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

TANGGAPI ARTIKEL INI

Silahkan bertanya sesuai topik pembahasan atau memberi masukan. Penulis dengan senang hati akan menanggapi. Hanya komentar yang relevan yang akan ditampilkan.